10 Jajanan Khas Bandung yang wajib kalian cicipi

Ikon-Kota-Bandung-Gedung-SateSetiap daerah pasti memiliki jajanan khas yang menggoda selera terlebih lagi wisata kuliner beberapa tahun belakangan ini berkembang dengan sangat pesat. Banyak penjual yang berlomba-lomba menjajakan makanan mereka dari yang mengutamakan kualitas rasa, makanan tradisional, makanan yang unik hingga tempat dagangan yang didesain dengan sangat cantik untuk menarik minat pengunjung. Di beberapa kota-kota besar bahkan mulai menjamur cafe-cafe yang memiliki desain unik dan instagramable. Tidak terkecuali Kota Bandung yang merupakan kawasan wisata dengan banyak pengunjung berakhir pekan di sini. Kunjungi juga hotel murah di Bandung untuk melengkapi kebutuhan akomodasi anda ketika berkunjung ke Kota Kembang 😉

Kota Bandung memiliki beberapa jajanan yang sangat terkenal bahkan makanan ini bisa kalian temui di berbagai sudut di Indonesia. Ketika kalian mendengar nama-nama jajanan ini tentu saja kalian langsung teringat akan Kota Bandung tercinta. Inilah 10 jajanan khas Kota Bandung yang wajib kalian cicipi ketika berkunjung ke sini.

1. Batagor

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Tentu saja makanan yang satu ini harus langsung kalian cicipi ketika menginjakkan kaki di Kota Kembang. Meskipun kalian bisa menemukan batagor di setiap sudut kota besar di Indonesia, namun mencicipi batagor di kota aslinya tentu saja akan memberikan cita rasa yang berbeda 🙂

Surabi-Bandung2. Surabi
Nah jajanan yang satu ini memiliki popularitas yang hampir sama dengan batagor. Meskipun banyak jajanan tradisional yang mulai langka, namun Surabi Bandung ini bisa kalian temui dengan mudah. Meskipun ini merupakan jajanan tradisional namun kini banyak sekali penjual surabi yang menyediakan aneka topping untuk menambah rasa dan mempercantik surabi. Surabi yang paling terkenal yakni Surabi Cihapit.

cireng23. Cireng
Cireng merupakan jajanan yang terbuat dari aci dan digoreng. Ada beberapa varian rasa cireng yang bisa kalian nikmati seperti cireng polos yang bisa kalian cocolkan ke saus sambal maupun kecap atau cireng isi yang memiliki berbagai rasa seperti keju, abon, daging dan masih banyak lainnya.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

4. Cilok
Hampir sama dengan cireng namun tidak di goreng, cilok kepanjangan dari aci di colok. Jajanan cilok bisa dengan mudah kalian temui di Bandung khususnya di sekolah-sekolah. Cilok juga mengalami banyak inovasi agar tetap menjadi jajanan favorit urang Bandung seperti cilok yang memiliki berbagai macam isi atau cilok yang dicocolkan ke saus mayonaise.

5. Cimol
Urang Bandung emang seneng banget sama aci, sampe-sampe jajanan dari aci banyak variannya. Kali ini adalah Cimol, aci digemol. Cimol memiliki bentuk yang sama dengan cilok, namun makanan ini digoreng dan diberi taburan bumbu kering dengan berbagai varian rasa seperti kacang, pedas asin dan lain-lain.

 

tumblr_nn216amlVB1r1bd4do1_12806. Seblak
Seblak merupakan jajanan yang lumayan baru, jajanan ini terbuat dari kerupuk rebus yang setengah matang dan diracik menggunakan bumbu seperti cabe, kencur, bawang putih dan sedikit penyedap rasa. Ciri khas dari seblak adalah rasanya yang pedas sehingga membuat anda ketagiha. Beberapa penjual juga menjual seblak tahu dan seblak ceker.

mufiid99_peyem7. Peuyeum
Peuyeum merupakan jajanan tape khas Bandung. Makanan yang terbuat dari singkong dan difermentasi dengan ragi ini bukan sembarang tape seperti yang pernah kalian lihat. Peuyeum Bandung berbentuk singkong utuh dan tidak basah, biasanya peuyeum dijual dengan cara digantung. Makanan ini menjadi jajanan khas Bandung yang sering diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh dari Bandung.

colenak8. Colenak
Merupakan kepanjangan dari di cocol enak, colenak terbuat dari peuyeum yang dibakar menggunakan saus yang merupakan campuran dari kelapa dan gula merah. Makanan khas ini sudah ada di tanah Sunda sejak ratusan tahun yang lalu. Kalian harus mencicipi ini jika berkunjung ke Bandung, terutama karena hanya beberapa tempat tertentu saja yang menyajikan makanan ini.

3.Bajigur-Unik-Memberikan-Sensasi-dan-Laba-Luar-Biasa-29. Bajigur
Siapa sih yang tidak kenal bajigur? Minuman yang satu ini sangat merepresentasikan Kota Bandung, mungkin beberapa diantara kalian masih sering tertukar antara bajigur dan bandrek namun kedua minuman ini sangat berbeda. Bajigur terbuat dari gula aren dan santan dan ditambah sedikit jahe untuk memberikan rasa hangat, karena itu tampilan bajigur telihat berwarna coklat kental dan bandrek lebih bening. Selain itu bandrek terasa lebih pedas dari pada bajigur.

bandrekbig10. Bandrek
Bandrek merupakan minuman wajib yang harus kalian cicipi, selalin rasanya yang enak bandrek juga bisa menghangatkan tubuh kalian karena udara di Bandung yang sangat sejuk. Bandrek terbuat dari campuran jahe, gula merah dan rempah-rempah hingga tercipta rasa yang pedas dan hangat. Jika kalian tidak suka minuman yang pedas kalian bisa mencicipi bajigur yang tingkat kepedasannya lebih rendah, namun bisa menghangatkan tubuh kalian.

Itulah 10 jajanan khas Bandung yang wajib kalian cicipi, rasanya belum pas jika kalian ke Bandung namun belum mencicipi salah satu dari makanan yang ada di atas. Jadi selamat berburu kuliner lezat di Bandung 🙂

Referensi :
bandungparadise

 

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *