Ada Apa di Jalan Cihapit?

cihapitWarga Bandung pasti tau dong Cihapit dan keistimewaannya? Yup, Jalan Cihapit merupakan sentra penjualan barang bekas, kalo travelers butuh audio mobil, kaset dan piringan hitam lama, atau pakaian bekas bisa langsung cuuss ke Cihapit sini. Selain itu di Cihapit ada pasar tradisionalnya. Bukan sembarang pasar tradisional loh, pasar tradisional Cihapit terkenal dengan segala macam kuliner khas Bandung yang sudah melegenda. Sudah banyak pemburu kuliner dari dalam maupun luar Bandung yang namu ke Cihapit sini untuk merasakan sendiri kelezatan kuliner yang ditawarkan.

bu ehaDi pasar Cihapit ini travelers bisa menemukan Nasi Rames Emak Eha, Surabi Cihapit, Kupat Tahu Cihapit, Lotek Cihapit, Awug dan Gorengan Cihapit. Bahkan Pak Bondan Winarno, salah satu presenter acara kuliner yang terkenal dengan “Pokoke Maknyus” miliknya harus berkunjung tiga kali ke Cihapit demi bisa mencicipi masakan Emak Eha yang legendaris, karena dagangan Emak Eha yang cepat habis menyebabkan warungnya tutup lebih cepat.

Emak EhaMenu spesial yang selalu dicari adalah Gepuk, yaitu daging atau empal yang dikasih kelapa parut dan dibumbui dengan resep keluarga turun-temurun setelah itu diungkep selama seharian. Untuk menjaga makanan tetap fresh maka gepuk akan digoreng bila ada yang memesan terlebih dahulu. Jam operasional warung nasi Emak Eha di mulai dari jam 07.00 hingga dagangannya habis, karena itu guys kalo kalian gak datang pagi jangan harap masih tersisa ya.

0944519serabii780x390Selain itu ada Surabi Cihapit yang terkenal di seantero Bandung *alay dikit 😀 Tapi beneran loh banyak banget penggemar dari Surabi Cihapit ini, lokasinya sih di Jalan Cihapit depan toko Djitu, kalo travelers datengnya siang siap-siap aja kalian berpanas-panas ria. Karena di sana gak ada tempat untuk berteduh. Gak ada tenda, yang ada cuma bangku panjang dan beberapa kursi plastik.

surabi-paketSurabi Cihapit ini memiliki banyak variasi toping guys. Selain untuk memuaskan pelanggan, beraneka macam toping digunakan agar surabi ini tidak tenggelam dengan aneka makanan modern yang bermunculan. Jika dulu hanya ada surabi kinca yang polos dan surabi oncom yang gurih dan pedas, kini ada topingseperti coklat, keju, pisang, kacang, atau perpaduan 2 toping seperti coklat kacang, pisang coklat dan lain-lain.

Kuliner lainnya yang harus kalian coba adalah Lotek Cihapit Ibu Nunung. Yang spesial dari lotek ini yaitu dari bumbunya yang tidak pernah sama. Ketika membuat lotek, Bu Nunung selalu mengulek bumbu tiap porsi. Jadi jika Bu Nunung membuat 5 lotek, maka 5 kali pula Bu Nunung mengulek bumbunya. Karena itulah lotek Bu Nunung memiliki rasa yang berbeda dan sangat istimewa.

Hayu mangga para travelers dan para pemburu kuliner, nyimpang tiheula ka cihapit. Jangan khawatir akan kondisi pasar tradisionalnya ya, karena pasar tradisional Cihapit ini jauh dari kata kumuh dan dan tidak nyaman 😉

 

Referensi:

https://aleut.wordpress.com/2012/03/01/cihapit-surga-dan-masa-yang-kelam-bandung/

citizenmagz.com/?p=5145

http://lagilagimakan.blogspot.co.id/2010/08/surabi-cihapit-setengah-tradisional.html

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *