Belajar Budaya Sunda Di Saung Angklung Udjo

udjo-logo-yellow-standard-screenJawa Barat memiliki sejumlah budaya yang menarik untuk disaksikan. Salah satunya adalah pertunjukan angklung. Sayangnya alat musik semakin terancam kelestarian hingga akhirnya mendorong UNESCO untuk menjadikan angklung sebagai karya agung warisan budaya lisan nonbendawi manusia sejak Nopember 2010. Nah, mumpung masih dalam suasana liburan sekolah, yuk ajak si kecil mengenal angklung dan budaya Jawa Barat yang lain di Saung Angklung Udjo. Tempat ini merupakan tempat wisata budaya yang tidak hanya menampilkan sejumlah pertunjukan angklung namun juga berbagai pertunjukan budaya Sunda yang lain serta workshop pembuatan angklung. Kehadiran Saung Angklung Udjo merupakan bentuk kepedulian dari Udjo Ngalagena beserta istrinya Uum Sumiati, selaku pendiri Saung Angklung Udjo, terhadap kelestarian dan perkembangan budaya Sunda, terutama Angklung.about-860x300

udjoPerjalanan awal Udjo Ngalagena dan istrinya sebelum mendirikan Saung Angklung Udjo dengan membuat sanggar kesenian Sunda di tahun 1950-an. Kemudian karena keinginan mereka yang kuat untuk melestarikan kebudayaan dan kesenian Sunda, maka mendirikan Saung Angklung Udjo pada tahun 1966. Keberhasilan Udjo Ngalagena dan istrinya dalam mendirikan Saung Angklung Udjo karena mereka membuat pertunjukan kesenian Sunda secara atraktif dan memiliki nilai pendidikan. Dengan prinsipnya Mudah, Murah, Mendidik, Menarik, Masal dan Meriah, pertunjukan yang mereka lakukan berhasil diterima tidak hanya oleh anak-anak namun juga orang dewasa. Apalagi kini di lahan Saung Angklung Udjo suasana alam terasa begitu kental dengan desain interior hingga landscape dipenuhi dengan bambu. Saung Angklung Udjo berhasil memadukan alam dan budaya sehingga cocok dikunjungi untuk berwisata budaya sekaligus menikmati kesegaran udara Bandung.

art-performance-660x300Sejumlah pertunjukan rutin digelar di Saung Angklung Udjo, baik oleh pihak Saung Angklung Udjo sendiri ataupun pihak luar. Ada sejumlah pertunjukan internal yang bisa anda saksikan seperti Wayang Golek, tari tradisional, upacara Helaran, Angklung pemula, Angklung orkestra, Arumba dan Masal. Asiknua pada akhir acara, anda akan diajak menari bersama bersama anak-anak. Selain melihat pertunjukan, anak-anak anda juga bisa mengikuti program setengah hari ataupun satu hari di Saung Angklung Udjo. Di sini mereka akan mendapatkan cerita sejarah pendirian Saung Angklung Udjo, belajar membuat angklung, dan melihat pertunjukan bambu Kaulinan Urang Lembur. Selanjutnya mereka pun akan mendapatkan makan siang dengan menu khas Sunda.

IMG_5247-copySaung Angklung Udjo juga menyediakan pendidikan yang telah diakui dan terakreditasi bernama Udjo School. Di sini anak-anak anda bisa belajar mengenai kesenian Sunda sebagai bekal mereka dikehidupan yang akan datang dan juga sebagai upaya untuk melestarikan budaya Sunda sebagaiman komitmen Saung Angklung Udjo. Untuk model pembelajarannya sendiri terbagi menjadi dua yang bisa dipilih anak-anak berdasarkan waktu yang mereka miliki. Yang pertama ialah internal dimana waktunya menyesuaikan sebagaimana yang dijadwalkan Udjo School. Sedangkan yang kedua meniru konsep pembelajaran private yang disebut dengan metode eksternal. Anak-anak yang ada disekitar lingkungan Saung Angklung Udjo juga bisa belajar di Udjo School dengan beasiswa dari Saung Angklung Udjo.

pernikahanAnda yang ingin mengatahui kehidupan orang Sunda bisa mengunjungi Saung Angklung Udjo Banquet yang berupa diorama kampung Sunda dengan beragam aktivitas khas Sunda. Di sini juga terdapat warung Sunda untuk anda mencicipi kuliner khas Sunda. Puas mengelilingi Saung Angklung Udjo anda bisa membawa berbagai kerajinan Sunda sebagai oleh-oleh yang tersedia di souvenir shop. Ada pula souvenir pernikahan yang bisa anda pesan di sini. Yuk mengenal budaya Sunda sambil berwisata alam di Saung Angklung Udjo yang beralamatkan di Jl. Padasuka 118, Bandung, Jawa Barat.

Academy-01Refrensi:

  • http://www.angklung-udjo.co.id/Home/Index
  • http://www.1001wisata.com/wisata-budaya-di-saung-angklung-udjo/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *