Belajar Geologi Indonesia Di Museum Geologi

museum-geologiMeski bukan seorang ahli geologi, gak ada salahnya kok kalau kita jalan-jalan ke Museum Geologi. Apalagi buat kalian travelers yang masih berstatus pelajar ataupun akademisi. Di sini kita bisa belajar mengenai segala hal mengenai bumi kita, mulai dari lapisan-lapisan tanahnya hingga segala proses yang terjadi di luar dan di dalamnya. Museum Geologi ini juga menjadi bangunan bersejarah yang dimiliki kota Bandung loh travelers. Bukan cuma karena koleksi di dalamnya namun juga karena sejarah dari gedung tersebut yang setua sejarah kota Bandung. Meski memiliki usia yang lumayan tua, namun bangunan dari Museum Geologi masih kokoh berdiri hingga saat ini. Hal ini tak terlepas dari peranan JICA atau Japan International Cooperation Agency yang membantu proses renovasi museum. Hingga akhirnya pada 23 Agustus 2000, Ibu Megawati selaku wakil presiden kala itu meresmikan kembali bangunan museum yang kerap menjadi tujuan study tour sejumlah sekolah yang ada di Bandung dan sekitarnya.

geologi-facilities-thumb-2Kehadiran dari Museum Geologi berkaitan dengan penelitian geologi yang telah dilakukan sejak masa penjajahan Belanda. Penelitian ini dilakukan untuk menunjang revolusi industri yang sedang berkembang di Belanda. Hingga pada akhirnya dibentuklah sebuah lembaga bernama Dienst van het Mijnwezen pada tahun 1850 yang bertugas menyelidiki mengenai material bebatuan, fosil dan semacamnya. Hingga kemudian lembaga ini berganti nama menjadi Dienst van den Mijnbouw di tahun 1922 dan membangun gedung Geologisch Laboratorium sebagai tempat penyimpanan material-material tersebut. Gedung ini dibangun di Rembrandt Straat dengan konsep bangunan yang bergaya art deco. Perlu waktu 11 bulan dan dana sebesar 400 gulden untuk menyelesaikan pembangunan gedung tersebut. Pada masa kependudukan Jepang banyak dokumen di Geologisch Laboratorium yang hangus karena pertempuran. Upaya penyelamatan pun dilakukan hingga memakan korban. Sampai akhirnya museum ini pun mendapat perhatian pemerintah pasca kemerdekaan dengan dikelola oleh Pusat Survei Geologi.

geologi-collection-thumb-2Di gedung berlantai 2 tersebut terdapat banyak koleksi yang menjelaskan mengenai geologi Indonosia, mulai dari kapan dan bagaimana bumi terbentuk, perjalanan kehidupan dari masa ke masa, hubungan geologi dengan kehidupan manusia, hingga sejumlah fosil dari masa ke masa. Semuanya terbagi dalam tatanan yang sistemik sehingga travelers tak perlu bingung kala berkeliling museum. Di lantai pertama ada beberapa ruangan yang masing-masing ruangan menyimpan koleksi yang berbeda. Untuk mengetahui mengenai teori terbentuknya bumi, sistem tata surya, bebatuan yang ada di Indonesia, hingga sumber daya alam yang ada di Indonesia, ada di ruang sebelah barat. Di sini jgua terdapat pertunjukan mengenai gunung berapi yang ada di Indonesia dan juga fosil manusia purba Homo erectus. Lanjut ke ruang tengah ada layar lebar yang memuat animasi kegiatan geologi dan kegiatan museum. Ruang ini juga menjadi kantor layanan museum. Sementara di ruang sebelah timur memuat informasi mengenai sejarah dan perkembangan makhluk hidup yang ada di bumi. Di sini ada fosil gajah purba Stegodon trigonocephalus dan replika fosil dinosaurus Tyrannosaurus rex loh. Bayangin sendiri deh gimana besarnya binatang pada masa purba dari fosil-fosil ini. Untuk lantai dua juga ada beberapa ruang yang mana menyimpan informasi mengenai tambang, mineral, dan peta penyebaran sejumlah sumber daya alam lainnya yang dimiliki Indonesia.

geologi-collection-thumb-4Mengunjungi Museum Geologi bukan hal yang sulit kok travelers. Lokasinya yang ada di tengah kota, yakni di  Jalan Diponegoro Nomor 57, membuat travelers bisa dengan mudah menjangkaunya. Sejumlah transportasi umum juga melintas di sini, jadi gak perlu pusing mikir transportasi kalau memang gak bawa kendaraan pribadi. Kalau gak mau lebih ribet lagi pakai aja Paket Tour Murah Bandung yang uda termasuk  pelayanan akomodasi dan guide yang membimbing kalian travelers. Tiket masuk ke Museum Geologi juga murah banget, cuma Rp 2.000 untuk pelajar dan Rp 3.000 untuk umum. Jadi yuk kembali belajar di Museum Geologi.

Refrensi:

http://anekatempatwisata.com/wisata-bandung-museum-geologi-bandung/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *