Belajar Sejarah Seni Bandung Di Museum Barli

museum-barli1Jalan-jalan ke Bandung bukan hanya tentang fashion ataupun kuliner. Kota ini juga menyimpan banyak cerita sejarah yang patut untuk dijelajahi. Bandung juga bisa dibilang sebagai kota dengan nilai seni tinggi. Pasalnya dari kota ini lahir sejumlah pekerja seni yang cukup ternama, bukan hanya dari segi seni modern namun juga dari segi seni tradisional. Dan jika kita kaitkan seni dan sejarah, ada sebuah tempat di Bandung yang mampu menjawab hal tersebut.

Museum Barli adalah sebuah tempat yang cukup bersejarah yang akan mengantarkan anda untuk melihat seni dengan banyak aliran. Nama musuem ini pun didasarkan pada salah seorang seniman besar di Bandung yang cukup bersejarah, Barli Sasmitawinata. Simak yuk apa yang bisa didapatkan dari berkunjung ke Museum Barli.

Barli_sasmitawinataKeberadaan museum ini semakin melengkapi keberadaan museum-museum yang memajang berbagai karya para seniman besar di Indonesia. Barli Sasmitawinata sendiri merupakan salah satu dari anggota Kelompok Lima yang terdiri dari Hendra Gunawan, Affandi, Wahdi, dan Suroso. Ia banyak belajar dari pelukis-pelukis Eropa dan lebih mementingkan proses  pendidikan seni rupa dengan mendirikan banyak studio seni.

Barli Sasmitawinata juga mengajarkan seni lukis di Institut Teknologi Bandung dan menjadi pioner berdirinya jurusan seni di sejumlah perguruan tinggi. Hingga akhirnya Barli pun merencanakan untuk mendirikan sebuah museum sebagai bentuk perhatiannya demi memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya apresiasi seni.

Ia pun ingin agar berbagai karya seni para seniman bisa dinikmati massyarakat luas. Hingga akhirnya pada 26 Oktober 1992 Barli Sasmitawinata berhasil mendirikan Museum Barli dengan diresmikan oleh Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi.

museum-barli2 (1)Musuem Barli berusaha mengajak masyarakat untuk melihat berbagai karya dari Kelompok Lima yang memiliki aliran seni yang berbeda. Ada lukisan di awal-awal Barli mulai belajar melukis, aliran realisme, ekspresionisme, impersionisme, dan lukisan-lukisan kontemporer lainnya.

Lukisan yang dipajang pun bukan hanya dari satu masa namun memperlihatkan bagaimana perkembangan aliran lukisan tersebut dari masa ke masa. Dari lukisan-lukisan tersebut pengunjung bisa mengetahui sejarah perjalanan seni, terutama seni rupa di Bandung.

Sebagaimana cita-cita Barli dari awal untuk meningkatkan rasa cinta kepada tanah air dan perkembangan seni budaya, museum yang dibangun di atas lahan seluas 640 m² dan luas bangunan mencapai 1.200 m² tersebut menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung hal tersebut.

Selain mengenal berbagai karya seni lukis, di musuem ini anda juga bisa mengenal kehidupan pribadi Barli dan karya-karyanya.

museum-barli2Musuem Barli terdiri tiga lantai dimana masing-masing lantai memiliki nama-nama yang diambil dari nama keluarga Barli. Lantai Agung menjadi nama lantai dasar dimana terdapat ruang pagelaran seni, pendidikan dan ruang diskusi yang membahas berbagai hal mulai dari budaya, sosial, ekonomi, hingga IPTEK. Nama Agung berasal dari nama putranya yang bernama Agung Wiwekaputra.

Lantai selanjutnya diambil istrinya, Nakisbandiah, yang merupakan tempat memajang berbagai koleksi musuem. Sementara bagian sayapnya yang juga berfungsi sebagai ruang pameran diberi nama Chandra’s Gallery.

Dan lantai terakhir benama Atikah tempat pengunjung bisa melihat berbagai karya Barli Sasmitawinata dan perjalanan hidupnya. Atikah sendiri merupakan istri pertama dari Barli yang memiliki peran mendorong Barli untuk bisa sampai ke titiknya saat ini.

museum-barli3Selain beberapa ruang yang sudah disebutkan, museum yang berada di Jalan Prof. Dr. Ir. Sutami 91 ini juga menyediakan ruang workshop yang menjadi tempat pelatihan berbagai karya seni.

Selain itu ada pula ruang membeli karya dan tempat penjualan souvenir. Museum Barli buka setiap hari Sabtu-Kamis mulai dari pukul 09.00-17.00 WIB. Anda yang tertarik berkkunjung ke museum ini bisa menginap di hotel murah di Bandung yang tersebar di sekitanya, seperti:

Refrensi:
  • https://jendelabandungwisata.wordpress.com/2012/06/27/museum-barli/
  • http://www.bandungtourism.com/tododet.php?q=Museum%20Barli
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Barli_Sasmitawinata

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *