Berkunjung Ke Kampung Seniman, Jelekong 2017

canvas1Anda termasuk penikmat lukisan? Ketika berkunjung ke Bandung jangan lewatkan untuk berkunjung ke Jalan Braga. Anda bisa menjumpai beragam lukisan yang dijual dengan harga murah di sepanjang trotoar.

Lukisan-lukisan tersebut berasal dari kampung seniman, Desa Jelekong. Desa yang masuk dalam Kecamatan Baleendah, Bandung Selatan ini mirip dengan desa Ubud, Bali karena sama-sama terkenal sebagai kampung seniman disebabkan sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai pelukis.

Dan hal ini sudah berlansung sejak tahun 70-an dimana Odin Rohidin menjadi orang pertama yang mengenalkan lukisan dan kini secara turun termurun keahlian tersebut diturunkan dan dikuasai hampir sebagian besar masyarakat Jelekong.

maxresdefaultHarga yang ditawarkan untuk lukisan karya seniman Jelekong memang murah. Hal ini dikarenakan diproduksi secara masal dan memiliki gambar yang sama. Rata-rata gambar yang ditawarkan memiliki selera pasar, seperti pemandangan, kereta kencana, buah-buahan, ataupun adu ayam. Meski demikian kualitas yang ditawarkan tak kalah dengan lukisan mahal.

Di Jelekong sendiri, para pelukis ini memiliki kelasnya masing-masing. Kelas paling bawah dihuni oleh mereka yang masih pemula. Mereka masih menggunakan cat dan peralatan lukis yang sederhana dengan pemandangan sebagai tema utama lukisan.

Lukisan-dari-Kampung-Seni-di-BandungSementara kelas selanjutnya adalah pelukis kelas menengah yang menggunakan bahan lukis yang sudha cukup baik. Pelukis kelas ini masih menggunakan selera pasar sebagai tema utama lukisan mereka, seperti ikan koi dan pemandangan.

Dan kelas yang terakhir adalah pelukis kelas atas. Dikatakan kelas atas bukan karena peralatan yang digunakan, namun pelukis kelas ini lebih mengandalkan keaslian karya dan keunikan ide.

Tak mengherankan jika karya pelukis kelas atas memiliki harga yang cukup fantastis dibandingkan harga lukisan kelas di bawahnya. Selain memenuhi pasar lokal dan domestik, lukisan karya seniman Jelekong juga telah merambah pasar internasional, seperti Malaysia, Arab, hingga Jepang.

pentas00Tak hanya terkenal dengan seniman lukisnya, Jelekong juga menjadi kampung para pendalang wayang golek. Para dalang ini berasal dari keturunan dari Abah Sunarya. Ia mendirikan sebuah tempat bernama Giri Harja di tahun 1920 yang berada di Jl. Giriharja Rt 01/01, Kelurahan Jelekong.

Dari sini lahirlah beberapa dalang yan cukup populer seperti H.Asep Sunandar Sunarya dan H. Ade Kosasih Sunarya. Di Giri Harja anda bisa melihat beragam pentas seni budaya mulai dari pertunjukan wayang golek, upacara adat, kecapi suling, jaipongan, degung, kliningan, pop sunda, pencak silat, dan rampak dalang bocah.

Selain itu, anda juga bisa menyaksikan proses pembuatan dan merakit wayang. Jika anda ingin membawa pulang beberapa barang dari seni budaya tersebut, anda bisa membeli cinderamata di sini.

kerajinan-wayang-golek-7Selain terkenal sebagai kampung seniman, Desa Jelekong juga memiliki beberapa tempat wisata yang berupa situs alam seperti Goa Landak, Curug Batukarurt, dan Curug Cangkring.

Desa ini pun dijuluki sebagai desa wisata. Puas menjelajahi Desa Jelekong, kini waktunya anda untuk mencicipi berbagai kuliner khas Sunda yang tersebar di beberapa warung yang ada di desa. Untuk akomodasi, anda perlu ke pusat kota, karena desa ini berjarak 12 km dari kota Bandung. Hotel di Bandung yang bisa anda gunakan, misalnya:

Refrensi:

  • http://sebandung.com/2015/01/mengenal-kampung-lukis-jelekong-sebagai-kampung-seni-di-bandung/
  • http://gpswisataindonesia.blogspot.com/2014/12/kampung-seni-budaya-jelekong-baleenda.html

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *