Cireng, Jajanan Nusantara Asli Bandung

cara-membuat-cireng-dan-resep-cirengAci goreng atau biasa disebut Cireng merupakan jajanan orang Sunda yang sangat terkenal pada tahun 80an. Makanan yang berbahan dasar tepung kanji atau tapioka ini sangat populer di daerah Priangan, Bandung dan sudah beredar ke seluruh daerah di Indonesia. Pada awalnya cireng dijual berkeliling dengan menggunakan sepeda kayuh dan dibagian belakang sepedanya terdapat peralatan untuk membuat cireng. Kini cireng bahkan bisa ditemui di sudut-sudut pusat perbelanjaan modern seiring dengan berkembangnya franchise cireng.

Cara pembuatan cireng pun tergolong mudah, yaitu dengan cara menggoreng adonan cireng yang terdiri dari bahan tepung kanji atau aci, tepung terigu, air panas, garam, merica bubuk, bawang putih yang dihaluskan dan daun bawang yang diiris halus. Campurkan semua bahan, tambahkan air panas lalu aduk hingga adonan tercampur rata dan menggumpal. Padatkan dengan cara membentuknya seperti tabung, atau kotak, lalu iris-iris dan goreng hingga cireng berwarna kecoklatan, inilah yang disebut cireng original. Sangat mudah kan? Kalian bisa mencoba menbuatnya sendiri di rumah. Cireng biasa dimakan dengan cara di cocolkan ke sambal, saos tomat atau sambal kacang.

Resep-CirengBanyaknya franchise cireng yang tersebar di berbagai tempat menjadi penanda bahwa jajanan cireng sudah semakin bervariasi. Mulai dari bentuk yang beraneka macam seperti bentuk hati, segitiga, bunga, bintang dan lain-lain, juga munculnya cireng isi. Jika dulu cireng hanya digoreng biasa, kini cireng yang beranekan bentuk memiliki isi yang beraneka macam pula. Seperti isi Keju, Sosis, Ayam, Kornet, Oncom, Daging Sapi, Bakso dari yang biasa saja hingga yang memiliki rasa pedas dan masih banyak lagi isi dan rasa cireng. Biasanya bentuk cireng yang beraneka ragam digunakan sebagai penanda isi cireng tersebut. Yang paling mudah untuk ditemui adalah penjual cireng yang biasa mangkal di sekolah-sekolah. Biasanya cireng isi dibandrol dengan harga Rp.1.500 – Rp. 2.000.

3BRZ9X4F3C24DC122B76DFlInovasi pada cireng yang terbaru adalah rujak cireng. Hmm jajan apa lagi sih? Masih bergelut dengan cireng, rujak cireng merupakan kumpulan cireng original maupun isi mentah yang dijual dalam bungkusan berisi kurang lebih 20 pcs dan dilengkapi dengan bumbu rujak. Cireng yang memiliki struktur kenyal dan gurih dipadu dengan bumbu rujak yang manis dan pedas, sangat menggoda bukan? Harga rujak cireng bervariasi, mulai dari Rp.15.000 hingga Rp.30.000. Tunggu apalagi, kalian bisa membeli rujak cireng secara online. Keren banget ya, cireng aja di jual online. Hehe jangan salah, peminat cireng sangat banyak. Meski banyak franchise cireng di berbagai daerah, namun beberapa penjual cireng memiliki keunikan rasa maupun isi. Jadi untuk memuaskan lidah penggemar cireng, banyak penjual yang memasarkan cireng mereka via online.

Banyak pedagang  yang tidak menggunakan bahan pengawet pada cireng yang dijualnya. Tanpa bahan pengawet, cireng hanya bertahan 1-2 hari saja. Tapi jangan khawatir, jika cireng dimasukkan ke dalam freezer maka dapat bertahan hingga 1-2 bulan. Rujak cireng paling enak dimakan ketika masih hangat, jadi ketika kalian menggoreng cireng gunakan api yang kecil saja ya, dan juga hati-hati ketika menggoreng karena cireng bisa saja tiba-tiba meletus.

 

Referensi :

 

http://mister-laper.blogspot.co.id/2011/12/sejarah-singkat-cireng.html

http://www.sobatpetualang.com/2014/03/rujak-cireng-makanan-khas-jawa-barat.html

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *