Curug Cimarinjung, satu dari 10 Air Terjun indah di Geopark Ciletuh

dedi_20111213_ciletuh1aGeopark Ciletuh terletak di Sukabumi Jawa Barat ini terkenal dengan keindahan alamnya yang bak surga dunia. Menawarkan pemandangan berupa hamparan batu karang laut yang menakjubkan, Geopark Ciletuh juga memiliki 10 air terjun yang berasal dari pegunungan. Loh loh, ini ada air terjunnya tapi ada batu karang lautnya? Geopark Ciletuh merupakan kawasan bebatuan tua yang berbentuk tapal kuda dan menghadap langsung ke Samudra Hindia. Keunggulan dari Geopark Ciletuh adalah di tempat wisata ini kalian akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang lengkap, mulai dari pemandangan laut dan hamparan batu karangnya, 10 air terjun yang mengelilingi Geopark Ciletuh hingga pemandangan gunung berlatar belakang laut. Keren bukan?

dsc_0804Dan yang akan kita bahas kali ini adalah Curug Cimarinjung, satu dari 10 air terjun yang ada di Geopark Cilettuh. Keindahan Curug Cimarinjung sulit untuk dilukiskan oleh kata-kata. Bayangkan saja air terjun dari pegunungan, memiliki ketinggian (?) dan airnya yang deras serta tebing dan bebatuan berwarna coklat yang menjadi latar belakangnya, juga airnya yang langsung bermuara ke Teluk Ciletuh dan pemandangan laut disekitarnya menjadikan Curug Cimarinjung terasa sangat klasik. Seperti air terjun yang berada di luar negri. Keren banget. Kalo bahasa sekarang sebutannya kece badai 😀

img_5954Seperti kebanyakan lokasi wisata tersembunyi yang indah, untuk sampai ke Curug Cimarinjung dibutuhkan perjuangan yang sangat keras. Bukan perjuangan melewati hutan yang berliku dan menanjak dengan berjalan kaki, melainkan beratnya medan yang harus dilalui kendaraan. Yap akses jalan menuju Curug Cimarinjung kondisinya rusak parah, sehingga para wisatawan yang datang dengan membawa kendaraan roda 4 harus ekstra hati-hati agar kendaraannya tidak mengalami kerusakan.

img_8595Jika dari Jakarta jarak yang harus ditempuh untuk sampai di Sukabumi kurang lebih 199 km dengan tempuh waktu 3 jam lebih, maka pada kenyataannya kalian akan menempuh perjalanan kurang lebih 12 jam. Air terjun yang terletak di Kampung Cimarinjung Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas-Sukabumi ini berada 60 km dari Pelabuhan Ratu. Untuk sampai ke Cimarinjung ini sangatlah mudah, kalian tinggal mengikuti arah ke kawasan wisata Ujung Genteng. Sampai di daerah Jampang ada pertigaan kalian belok kanan dan ikuti jalan ke arah Ciemas kurang lebih 33km. Di sinilah kalian akan merasakan perjalanan yang sangat mengguncang karena jalanan yang rusak parah, ditambah dengan kondisi jalan yang berliku, menanjak dan banyak bebatuan.

SAM_6465Kalian bisa menggunakan kendaraan umum untuk sampai di Ciwaru dari Pelabuhan Ratu jika merasa sayang dengan kendaraan pribadi dan takut rusak. Tarifnya hanya Rp.25.000 saja dengan jam keberangkatan pertama jam 7 pagi dan keberangkatan terakhir jam 2 siang. Sesampai di Desa Ciwaru, kalian masih harus melanjutkan perjalanan lagi sejauh 4 km untuk sampai ke Kampung Cimarinjung. Kalian tidak akan salah atau nyasar ketika mencari Desa Ciwaru, karena Desa Ciwaru merupakan desa terakhir di ujung laut dan tidak ada desa lagi setelahnya, selain itu juga tidak ada jalan besar sebagai penghubung ke desa-desa lain. Ketika menuju Kampung Cimarinjung nantinya kalian akan melewati jembatan kayu yang bisa kalian gunakan sebagai lokasi foto. Kalian juga harus berjalan kaki sejauh 500 meter melewati pematang sawah penduduk dan irigasi Desa.

Memang lokasi ini bisa disebut sebagai daerah pelosok, namun di Desa Ciwaru kalian masih bisa menemukan swalayan Indomaret yang diresmikan sendiri oleh Bupati Sukabumi pada tahun 2010 lalu. Jadi belilah makanan ringan sebagai pengganjal perut atau sebagai cemilan ketika kalian dalam perjalanan menuju Kampung Cimarinjung. Curug Cimarinjung ini masih sangat asri, sedikit pengunjung yang datang ke sini. Mungkin medan yang berat juga mempengaruhi wisatawan yang datang, namun nikmatilah suasana tenang di Curug Cimarinjung. Selamat bersenang-senang 😉

 

Referensi :

http://www.cumilebay.com/2014/08/tobat-cimarinjung-12-jam.html

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *