Curug Malela : Surga Terpencil Di Ujung Bandung

DSC_0457Pernah dengar Curug  Malela? Mungkin bagi sebagian besar orang nama ini masih asing, tapi percayalah bagi pecinta traveling nama ini sangat terkenal. Curug Malela disebut-sebut sebagai Niagara mini dari Bandung, dengan memiliki ketinggian sekitar 60-70 meter dan lebar 50 meter dan memiliki arus air yang sangat deras Curug Malela menjadi sebuah destinasi wisata yang harus dikunjungi bagi travelers yang suka dengan tantangan. Terletak di Desa Cicadas Kecamatan Rongga – Gununghalu, Bandung, Curug Malela memberikan tantangan bagi wisatawan yang ingin berkunjung untuk melihat keindahan air terjunnya. Lokasi wisata yang masuk ke kedalaman hutan dan akses jalan yang sangat sulit membuat Curug Malela masih sedikit diminati oleh wisatawan.

Curug-Malela1Memang Curug Malela sangat cocok bagi kalian para travelers yang suka akan tantangan. Untuk sampai di air terjun ini kalian harus melewati serangkaian perjalanan yang menguras energi. Rute yang bisa kalian tempuh jika dari Bandung melalui jalur alternatif Cimahi – Cililin – Sendang Kerta – Bunijaya hingga kalian sampai di wilayah perkebunan teh Montaya, perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk sampai di Montaya adalah 3 jam. Jika kalian membawa mobil, kalian harus menitipkan mobil kalian di rumah-rumah penduduk yang ada di sekitar perkebunan teh Montaya dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek. Perjalanan dengan ojek ini memakan waktu sekitar 45 menit. Jangan harapkan perjalanan yang mulus ya, bahkan bisa-bisa kalian harus turun dari ojek dan berjalana karena jalanan yang berlumpur. 

misteri-nama-curug-malela-15284728Ojek hanya mengantarkan kalian hingga di Pos Malela. Disekitar pos terdapat beberapa warung, beristirahatlah sebentar sambil menikmati teh hangat dengan gula aren yang banyak di jual di sana. Setelah itu kalian harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Di awal sudah disebutkan bahwa untuk mencapai Curug Malela dibutuhkan perjuangan yang keras dan ditujukan hanya untuk orang-orang yang memang senang dengan tantangan. Perjalanan kaki akan memakan waktu selama kurang lebih satu jam. Jangan terburu-buru, nikmati perjalanannya karena di kanan-kiri kalian akan melihat hutan dan sawah, di kejauhan kalian bisa melihat Curug Malela sangat mempesona. 

Perjalanan yang menyenangkan bukan? 😀 Semua usaha berat kalian akan dibayar dengan keindahan dari Curug Malela. Air Tejun yang melebar dengan air deras yang mengalir, banyaknya batu-batuan besar yang menambah keindahan dan jika kalian beruntung kalian akan melihat monyet-monyet berekor panjang (macaca pasciscularis)  yang sedang minum di abawah air terjun. Tempat yang keren untuk berfoto, terlebih jika ingin membuat foto preweeding di sini, tapi ingat dengan perjuangannya ya 😀 Jangan lupa untuk membawa bekal dan makanan ringan ya. 

Curug MalelaCurug Malela yang akan kalian lihat adalah rangakaian tujuh air terjun yang memiliki keunikan ditiap air terjunnya. Nama Curug Malela sendiri adalah nama air terjun yang berada paling atas dan berupa air terjun dengan 5 jalur air yang jatuh secara terpisah. Air terjun selanjutnya bernama Curug Katumiri yang mana pada pukul 8-9 pagi akan muncul pelangi di badan air terjun. Air terjun yang ketiga adalah Curug Ngebul, di curug ini kalian akan mendengar suara yang menggelegar karena efek beberapa jalur air terjun yang jatuh berkumpul menjadi satu dan memberikan efek kabut. 

Air terjun ke empat adalah Curug Manglid yang memiliki goa di belakang air terjunnya. Goa ini sedikit tersembunyi jadi kalian harus cermat untuk melihatnya. Curug Sumpel adalah air terjun ke lima, di air terjun ini terdapat daerah yang lebar namun terlihat sempit di kejauhan. Ada Curug Pasilir yang memiliki 5 jalur air layaknya Curug Malela namun dengan ketinggian yang lebih rendah. Yang terakhir adalah Curug Pameungpeuk merupakan air terjun yang bermuara ke Sungai Cidadap dan Cisoka. Masih sanggup untuk melanjutkan perjalanan? Kalian bisa mengunjungi Curug Cilinggapayung, Curug Buana Curug Nyandung, masih berada satu kawasan dengan Curug Malela namun akses untuk menuju ke sana harus melalui medan yang lebih berat dan rusak. Cek juga Tour Bandung kita untuk referensi liburan kalian 🙂

 

 

http://www.cool4myeyes.com/2014/03/malela-yang-melelahkan-curug-malela-2.html

https://sites.google.com/site/wisataairterjun/jawa-barat/curug-malela—bandung-barat

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *