Danau Bacan yang Membuat Penasaran

Danau-Hijau-sukabumiSukabumi sempat di hebohkan dengan adanya Danau Bacan yang eksotis. Danau ini tiba-tiba saja muncul di lokasi bekas pertambangan batu di Desa Bojongharja, Kecamatan Cikembar – Sukabumi. Lokasi yang dimaksud merupakan lokasi pertambangan yang sudah ditutup sekitar beberapa tahun lalu dan dibiarkan begitu saja. Yang membuat danau ini menjadi perbincangan terutama di media sosial adalah warna airnya yakni hijau yang terlihat sangat indah terutama jika terkena sinar matahari. Yuk cek tour di Bandung untuk liburan seru ke lokasi wisata kece yang ada di Bandung ­čśë

Air yang ada di Danau Bacan menurut warga sekitar berasal dari tengah-tengah danau. Selain itu air hujan juga turut membantu pasokan air yang ada di danau. Meski danau ini merupakan area bekas pertambangan, namun air di danau kerap dimanfaatkan warga sekitar untuk kebutuhan sehari-hari ketika musim kemarau datang. Alasana pertambangan batu ini ditutup juga karena banyaknya air yang merembes keluar sehingga mempersulit perkerjaan para petambang, maka area ini ditinggalkan begitu saja. Masyarakat sekitar juga tidak menyangka jika Danau Bacan bisa menjadi fenomena alam yang indah sehingga menarik banyak minat warga Sukabumi maupun daerah lain.

Danau-Cikembar-@di.augustianAwal mula Danau Bacan menjadi terkenal adalah karena ada anak-anak muda yang berkunjung ke sini dan berfoto lalu memasukkannya ke media sosial seperti instagram. Jadilah Danau Bacan terkenal dan dicari oleh orang-orang yang penasaran seperti apa rupa Danau Bacan. Karena danau yang memiliki air berwarna hijau masih jarang di daerah Sukabumi dan sekitarnya. Warga sekitar pun merasa bingung karena tiba-tiba saja Danau Bacan menjadi terkenal. Beberapa pengunjung yang ditanyai menjawab bahwa mereka mengetahui Danau Bacan melalui media sosial instagram. Sejak itulah Danau Bacan dikelola secara swadaya oleh warga setempat.

Danau yang tidak terlalu luas dan berbentuk seperti cekungan karena pada awalnya merupakan lokasi pertambangan ini dinamakan Danau Bacan karena gradasi warna di danau ini mirip dengan warna batu akik yang sangat terkenal yakni Batu Bacan. Namun beberapa orang juga menyebut danau ini sebagai Danau Hijau. Namun terkadang air di Danau Bacan terlihat berwarna hitam. Gradasi warna ini juga disebabkan karena sinar matahari dan batu Zeolit yang ada disekitarnya. Sebelumnya lokasi ini terkenal dengan kualitas batu Zeolitnya yang terbaik di pasaran Indonesia. Bahkan lokasi pertambangan ini  kerap dikunjungi mahasiswa dari IPB untuk keperluan penelitian.

a8cb891a-ec5f-4cbd-816c-97946df45eca_169Selain itu Danau Bacan ini memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya menjadi danau yang spesial yakni bebatuan yang mengelilingi danau. Karena asal mula danau yang berasa dari pertambangan batu Zeolit, tentu saja akan ada banyak batu disekitarnya, batuan yang mirip tebing namun tidak terlalu tinggi ini menambah keindahan danau. Coba saja kalian berkunjung ke Danau Bacan dan berfoto dengan menampakkan warna air yang hijau dan tebing batu ini, pasti foto kalian akan terlihat keren sekali.

Karena lokasi wisata yang satu ini masih dikelola secara swadaya oleh warga setempat dan belum dikelola secara profesional oleh pemda maka jangan mengharapkan akan adanya fasilitas seperti toilet dan mushola. Jalan yang harus kalian tempuh pun masih berupa jalan bebatuan yang belum tertata. Namun kalian tidak akan dikenakan tiket masuk alias gratis. Kalian hanya perlu membayar parkir saja. Untuk penjual makanan sudah lumayan banyak seperti penjual cilok, bakso dan beberapa makana lainnya. Selamat berlibur ­čÖé

 

Referensi :
detik news
riniheryani.wordpress

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *