Green Canyon yang menakjubkan dari Indonesia

jayanjayanSiapa yang tidak mengenal Green Canyon? Lokasi wisata yang berada di Pangandaran Jawa Barat beberapa wktu belakangan booming di media sosial bahkan disejajarkan dengan Grand Canyon di Arizona Amerika. Keindahan yang ditawarkan oleh Green Canyon terasa seakan membius kesadaran sehingga kita akan mengira sedang berada di surga 😀 Green Canyon yang berada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis Jawa Barat ini memiliki nama asli “Cukang Taneuh” yang berarti jembatan tanah. Kenapa dinamakan jembatan tanah? Karena terdapat jembatan yang terbuat dari tanah di atas lembah dan jurang Green Canyon dan biasa digunakan oleh petani setempat untuk pergi ke kebun mereka. Nama Green Canyon sendiri dipopulerkan oleh seorang turis mancanegara asal Prancis pada tahun 1993. Jika kalian ingin datang ke sini dan bingung dengan tempat menginap, terdapat beberapa hotel di Pangandaran yang bisa menjadi referensi jujugan kalian ketika sedang berkunjung ke Green Canyon.

kunciwisataObjek wisata Green Canyon yang merupakan aliran sungai Cijulang ini menawarkan pemandangan lembah dan tebing bebatuan yang rimbun dengan pepohonan serta air sungai yang jernih berwarna hijau tosca. Kebayang gimana kerennya kan? Air sungai yang berwarna hijau tosca dan pepohonan yang rimbun dengan daun-daunnya yang hijau pastinya akan menyehatkan mata anda semua 😀 Dengan cahaya matahari yang menembus masuk dari sela-sela pepohonan membuat pemandangan di Green Canyon begitu epik.

blog-tokopedia-comgreen-canyonUntuk menikmati pemandangan yang indah ini terdapat dua cara yakni dengan menaiki perahu kayu atau yang biasa disebut ‘ketinting’ harga sewanya juga terjangkau. Dengan perahu ini kalian akan diajak untuk menyusuri aliran sungai ala ekspedisi ke pedalaman 😀 Gak hanya menyusuri sungai dan menikmati pemandangan tebing tinggi, kalian juga akan diajak menyusuri gua yang penuh dengan stalaktit dan stalakmit yang pastinya keren abis. Di pertengahan sungai kalian akan melihat beberapa air terjun kecil yang menghiasi dingin tebing, Mendekati ujung sungai kalian akan menjumpai gua yang dihuni oleh para kelelawar.

Cara kedua yaitu dengan berenang mengikuti arus sepanjang sungai. Gausah takut tenggelam atau capek, disana sudah tersedia life jacket untuk kalian yang ingin berenang. Tinggal nyemplung aja nanti juga kena arus sungai bakal sampe di ujung sungai hahah 😀 Air yang ada di sini jernih dan bersih tidak ada sampah yang bertebaran sepanjang sungai, kalian juga ikut jaga kebersihan tempat ini ya agar Green Canyon tetep keren sampe kapan pun. Menjelajah sungai dengan berenang memang lebih seru dan lebih capek pastinya, tapi jangan khawatir di lokasi wisata sudah banyak tempat makan yang bisa kalian kunjungi setelah menjelajah di Green Canyon. Oh ya tambahan kalo lagi berenang sekalian cobain juga lompat dari ketinggian 5 meter disalah satu batu yang ada di sana. Spot ini emang biasa digunakan wisatawan lainnya untuk seru-seruan di sini.

ajak jalan dot comPas lagi berenang sekalian snorkling juga dong. Karena air yang jernih kalian bisa menyelam untuk menikmati pemandangan bawah airnya. Banyak ikan-ikan dan juga cekungan indah di dalam air yang bisa kalian amati. Tentu saja gunakan alat bantu selam ya agar lebih menikmati pemandangannya. Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Green Canyon adalah ketika musim kemarau. Karena pada musim hujan debit air akan meningkat dan lokasi wisata ditutup juga pada musim hujan air sungai akan menjadi keruh dan berwarna coklat. Pada musim kemarau-lah warna hijau tosca pada air sungai akan sangat terlihat. Jadi pengen main seru ke Green Canyon kan? Yuk buruang dateng, tapi sebelum berangkat ke sini pastikan kalian menyiapkan segalanya. Ketika akhir pekan akan ada banyak pengunjung yang datang ke sini, jadi pastikan kalian datang lebih awal agar lebih puas berada di Green Canyon. Bawa juga uang tunai karena tidak ada ATM di lokasi wisata maupun di sekitarnya. Dan tentu saja siapkan fisik dengan perjalanan yang  jauh. Selamat berlibur 😉

 

Referensi :

http://www.mypangandaran.com/wisata/detail/1/cukang-taneuh–green-canyon.html

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *