Kupat Tahu Bandung

Pagi travelers, udah sarapan belum? Kalo belum berarti kalian harus nyoba makan kupat tahu ala Bandung. Pernah denger? Kupat tahu ini banyak macemnya loh guys, jadi jangan salah. Kupat tahu cocok untuk di makan saat sarapan, karena makanan yang satu ini tidak terlalu berat dan tidak terlalu ringan untuk perut.

cfd629_g2Yang istimewa dari kupat tahu Bandung adalah bahan dasar tahu yang digunakan, yaitu tahu kuning! Sesuai namanya kupat tahu ini berbahan dasar utama tahu goreng setengah matang yang dipotong-potong kecil dan ketupat atau lontong, ditambah sayuran tauge lalu disiram kuah bumbu kacang, jangan lupa juga kerupuk sebagai pelengkap agar lebih kriukk :D. Sekilas makanan ini mirip dengan ketoprak dari Betawi dan tahu tek dari Surabaya. Meski memiliki bahan dasar yang sama, namun tiap daerah  memiliki kuliner khas tersendiri dengan bermacam rasa dan penyebutan. Contoh nih kupat tahu khas Magelang, memiliki bahan dasar sama namun dari cara penyajian menggunakan kuah yang terbuat dari air gula merah yang direbus dan ditambahkan kecap juga garam.

Di Bandung banyak sekali penjual kupat tahu, dari yang berkeliling menggunakan gerobak dorong atau penjual warung yang khusus menjual kupat tahu. Dari pagi hingga malam. Jadi jika travelers berkunjung ke Bandung, jangan khawatir kesusahan untuk mencari kupat tahu ini ya.

dsc_0729Biasanya para penjual keliling menyediakan kuah bumbu kacang yang sudah jadi dan direbus di atas kompor guys, supaya lebih praktis dalam membuatnya. Tapi yang paling enak ya kupat tahu yang bumbunya diulek di tempat saat itu juga, jadi rasa dan aroma kuah bumbu kacangnya masih fresh dan lezat. Oh ya guys, untuk kalian yang alergi dengan masakan berbahan udang, hati-hati ya. Karena dalam proses pembuatan kuah bumbu kacang, bahan yang diulek dicampur dengan petis, yaitu cairan kental seperti saus kadang menggumoal berwarna hitam yang terbuat dari udang kecil-kecil.

Di sini untuk pembuatan lontongnya menggunakan beras khusus jenis IR 5 ya guys, bukan jenis beras yang biasa dimasak untuk makan sehari-hari. Beras IR5 memberikan hasil yang sempurna untuk bentuk lontong dan ketupat, juga putih dan sangat lembut.

lens17141611_1294370941resizeofkupattahu5copy1Gimana travelers? Ngiler? hihihihi , jika travelers tidak bisa memakan kupat tahu karena memiliki alergi, opsi lain untuk sarapan khas Bandung kalian bisa mencicipi bubur ayam dan nasi uduk. Untuk para travelers yang ada di Surabaya dan pengin mencicipi kuliner kupat tahu tapi belum sempat pergi ke Bandung, jangan khawatir. Kalian bisa makan tahu tek Surabaya dulu buat ganjelan. Hehehe 😀

Untuk travelers Bandung yang bosen kuliner di situ-situ aja dan pengen coba kuliner yang lain dari biasanya, kalian bisa coba Bistronomy Cafe di Jakarta. Di sini kalian bisa merasakan afternoon tea yang mewah serasa di Eropa 🙂

 

Referensi :

https://rinaldimunir.wordpress.com/2015/04/20/kupat-tahu-sarapan-pagi-orang-sunda/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *