Libur Lebaran Bersama Si Kecil Di Kebun Binatang Bandung

kebun binatang bandungLebaran sudah hampir tiba. Yuk senangkan si kecil dengan menghabiskan waktu bersama. Salah satunya dengan mengajak mereka berwisata dan melihat aneka satwa di kebun binatang. Hampir setiap kota besar memiliki kebun binatang dengan umur yang bisa dibilang sudah terlalu tua. Namun kebun binatang ini tetap layak dikunjungi. Salah satunya adalah Kebun Bintang Bandung. Selain harga tiket masuknya yang murah, orang tua juga bisa mengenalkan beragam satwa kepada buah hati mereka, tak terkecuali satwa yang kini telah langka. Kebun Binatang Bandung atau yang dalam bahasa Sunda disebut dengan derenten telah ada sejak masa Belanda, tepatnya di tahun 1930. Direktur Bank Dennis, Hoogland menjadi pelopor berdirinya kebun binatang ini dengan nama Bandung Zoological Park. Selanjutnya pada tahun 1933 Bandung Zoological Park mulai diresmikan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda melalui surat keputusan No. 32 bertanggal 12 April 1933. Sayangnya kemudian tempat ini tidak terkelolan dengan baik pada masa pendudukan Jepang.

bayi tapir di kebun binatang bandungPasca kemerdekaan Indonesia, yakni di tahun 1948, Bandung Zoological Park kembali direnovasi dan dikembalikan fungsinya sebagai tempat wisata favorit warga Bandung. Kemudian pada tahun 1956 Bandung Zoological Park dibubarkan berdasarkan ide dari R. Ema Bratakoesoema dan berganti nama menjadi Yayasan Marga Satwa Tamansari yang diresmikan di tahun 1957 dan kemudian berganti nama kembali menjadi Kebun Binatang Bandung. Tempat wisata yang berdiri di area seluas 13,5 Hektar dengan 1800 koleksi satwa ini sampai saat ini menjadi favorit warga Bandung untuk menghabiskan libur kerja ataupun libur lebaran. Apalagi lokasinya yang cukup strategis yakni di Jl. Kebun Binatang No. 6, Bandung dan bersebelahan dengan kampus ITB dan sungai Cikapundung yang semakin memudahkan wisatawan untuk mengunjunginya. Selain itu didukung pula dengan kemudahan transportasi karena banyak angkutan umum yang melintas melewati kebun binatang ini.

harimau-sumateraKebun Binatang Bandung tidak hanya berfungsi sebagai tempat rekreasi ataupun tempat hiburan, namun juga memiliki fungs-fungsi yang lain seperti fungsi kebudayaan denge menyediakan pagelaran seni budaya. Jadi dengan berkunjung ke sini, para orang tua juga bisa mengenalkan cinta budaya tanah air, selain cinta terhadap flora dan fauna. Selain itu Kebun Binatang Bandung juga berfungsi sebagai pendidikan akan keragaman satwa dan penelitian terhadap mereka. Kebun Binatang Bandung juga menjadi tempat bagi  para satwa tersebut tinggal dan dilindungi demi kelestarian mereka agar tetap bisa disaksikan oleh generasi penerus.

kebun-binatang-bandungKebun Binatang Bandung menawarkan beragam koleksi satwa yang tidak hanya berasal dari Indonesia namun juga berasal dari negera-negara di dunia. Untuk koleksi satwa asli Indonesia misalnya harimau sumatera, harimau jawa, badak, orang utan, siamang, kijang, dan masih banyak lagi. Selain itu juga terdapat sejumlah koleksi burung, seperti burung merak, kakak tua, dan sejumlah burung yang dilindungi. Untuk koleksi satwa luar misalnya unta, beruang, dan beberapa hewan yang lain. Kebun Binatang Bandung juga dilengkapi dengan sejumlah wahana yang semakin membuat betah pengunjung berlama-lama di sana. Ada wahana flying fox, bermain perahu di kolam, bersafari bersama gajah, ataupun sejumlah permainan yang ada di playground. Jadi jika anda ingin berwisata murah sambil berkumpul bersama keluarga dan memberikan nilai edukasi pada si kecil, Kebun Binatang Bandung bisa menjadi solusi. Hanya dengan tiket masuk sebesar Rp 20.000,-/orang dan gratis untuk anak usia di bawah 3 tahun. Seru bukan 😉safari gajah bonbin bandung

Refrensi:

http://tempatwisatadaerah.blogspot.com/2015/01/wisata-ke-kebun-binatang-bandung-yang.html

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *