Mendaki Gunung Batu Lembang

IMG_20140529_172032Lembang memiliki tempat wisata yang unik yakni Gunung Batu yang terletak di daerah Pagerwangi. Namanya juga Gunung Batu jadi jangan mengharapkan pemandangan gunung yang hijau penuh dengan rimbunnya pepohonan, yang ada hanya rumput dan ilalang yang tumbuh di atas puncak Gunung Batu. Tapi jangan salah guys meski gunung ini bisa dikatakan gunung yang gersang, banyak banget anak-anak muda yang datang ke sini untuk menjelajah gunung dan melakukan kegiatan extreme panjat tebing.

Gunung-Batu-Lembang-BandungSelain unsur batu yang menyusun gunung ini, Gunung Batu juga memiliki bentuk yang sangat berbeda dengan gunung pada umumnya. Kalian akan menemukan banyak batu besar di puncak Gunung Batu, di puncak ini juga kalian bisa melihat pemandangan gunung-gunung yang mengelilingi daerah Lembang. Berpalinglah ke Utara maka kalian akan melihat Gunung Putri, Gunung Tangkubang Perahu dan Gunung Burangrang. Ke arah Timur kalian akan melihat Gunung Palasari dan Gunung Bukittunggul. Dan di kejauhan ke arah Selatan kalian akan melihat pemandangan Gunung Patuha, Gunung Haruman dan Gunung Malabar yang sangat indah.

IMG-20150915-WA0002Berdasarkan perkiraan, Gunung Batu terbentuk dari aliran Lava dari letusan Gunung Sunda sekitar 510.000 tahun yang lalu. Tekstur dinding yang tidak rata menjadikan Gunung Batu sebagai lokasi panjat tebing yang sangat menantang, terutama bagi anak muda yang haus akan adrenalin. Berada di ketinggian 1228m Gunung Batu juga sering dijadikan lokasi hiking, medan yang ada di Gunung Batu dapat digolongkan medium. Bersama teman-teman mendaki gunung, dan menikmati pemandangan Lembang dan Kota Bandung pada malam hari, penuh dengan kerlap kerlip lampu  yang indah pasti terasa sangat menyenangkan.

 

gunung-batuGunung Batu Lembang juga merupakan tempat yang bagus untuk berburu foto. Entah foto pemandangan Lembang dan sekitarnya atau photo session untuk dokumentasi pribadi. Latar belakang dinding gunung yang coklat juga rumput serta ilalang akan menambah keindagan foto kalian. Mungkin travelers ada yang berminat untuk mengambil foto pre wedding di sini, karena Gunung Batu tidak dikelola oleh Pemerintah, maka kalian bisa berkunjung secara gratis. Nah lo, uda pemandangannya indah masuknya gratis, cocok banget deh buat lokasi pre wedding dengan bujet yang irit tapi tetep keren.

Tapi sayang beberapa dinding batu terdapat banyak sekali coret-coret yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Kalau sudah begini akan menambah kejelekan dari Gunung Batu sendiri. Jika sedang berpergian kalian jangan melakukan tidakan yang tidak bertanggung jawab seperti ini ya guys, jaga lingkungan sekitar kalian agar tidak rusak 🙂 Di puncak kalian akan menemui sebuah bangunan yang memiliki fungsi sebagai alat pengukur gempa bumi. Gunung Batu ini termasuk ke dalam patahan Lembang yang masih aktif, jadi alat pengukur gempa ini sangat penting keberadaannya. Guys cek yuk hotel murah di bandung, buat kalian yang mau liburan irit di Kota Kembang 🙂

 

 

Referensi :

https://ridwanderful.wordpress.com/2014/10/12/gunung-batu-lembang-pesona-gunung-unik-di-patahan-lembang/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *