Menikmati Keindahan Tersembunyi Curug Dago

Curug DagoJalan-jalan ke ke Jalan Dago, Bandung gak melulu harus shopping. Pasalnya daerah ini juga menyimpan wisata alam yang tak kalah menakjubkan dengan daerah Puncak ataupun Bogor. Salah satunya adalah wisata Curug Dago.

Dalam bahasa Sunda, curug memiliki arti sebagai air terjun. Sehingga wisata ini berarti air terjun yang berada di Desa Dago, Kecamatan Coblong, Bandung. Wisata ini memang tak banyak orang yang mengenal, terutama bagi mereka yang bukan orang asli Bandung.

Hal ini dikarenakan lokasi air terjunnya yang cukup tersembunyi, tepatnya di Bukit Dago dan masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. Juanda, Bandung. Selain itu, promosi mengenai tempat wisata ini juga kurang yang menjadi salah satu alasan tak banyaknya wisatawan yang mengenal Curug Dago ini.

Namun, anda wajib bertandang ke air terjun ini kala berlibur di Bandung, karena bukan saja dibuat terpesona dengan alamnya namun juga ada nilai sejarah yang tersimpan di sekitar area air terjun.

prasasti-raja-thailand-di-curug-dago-2Currug Dago menjadi salah satu saksi bisu bagi sejarah Kerajaan Thailand. Pasalnya tak jauh dari lokasi air terjun ditemukan dua prasasti batu tulis yang berasal dari tahun 1818 M. Menurut ahli sejarah, prasasti-parasati tersebut merupakan peninggalan dari Raja Rama V atau yang dikenal dengan nama Raja Chulalonkorn dan Raja Rama VII atau Pradjathipok Pharaminthara.

Kedua raja dari Dinasti Chakri itu meninggalkan prasasti tersebut sebagai tanda kunjungan mereka ke Curug Dago yang airnya berasal dari aliran sungai Cikapundung yang mengalir dari Maribaya menuju Kota Bandung. Namun sayangnya kondisi Curug Dago saat ini sudah tak sama kondisinya kala dikunjungi oleh Raja Thailand tersebut.

curug dagoSeiring dengan semakin padatnya jumlah penduduk di Bandung turut meningkatkan jumlah bangunan yang ada, termasuk di sekitar sungai Cikapundung. Banyaknya pemukiman dan pabrik yang ada di sana membuat banyak sampah yang mengotori aliran sungai sehingga aliran sungai Cikapundang kini berwana coklat keruh.

Akibatnya air di Curug Dago pun kini juga berwarna sama yang pada akhirnya turut mengurangi satu keindahan Curug Dago.  Meski demikian, air terjun setinggi 12 meter ini menawarkan keindahan lain dengan suasana hijau yang membuat perasaan anda merasa tenang.

Dengan lokasinya yang berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut, nikmati udara sejuk khas dataran tinggi dengan ditemani kicau burung dan binatang hutan lainnya. Banyaknya pepohonan hutan yang ada di sana, memang menjadi tempat yang nyaman bagi binatang-binatang tersebut untuk membangun rumah.

jembatan ke curug dagoUntuk menuju ke Curug Dago yang berjarak 8 km ke arah utara Bandung, ada dua alternatif jalan yang bisa anda gunakan. Yang pertama dari Terinal Dago dan yang kedua melalui Taman Budaya Ganesha Dago atau Dago Tea House.

Dari sana, anda akan menemui jalan setapak selebar satu meter yang hanya bisa dilalui dengan kendaraan roda dua ataupun berjalan kaki. Dari jalan setapak ini selanjutnya ada harus menuruni anak tangga yang cukup curam dan melihat plang nama yang menunjukkan lokasi Curug Dago.

Ada sebuah parkiran motor yang cukup luas tak jauh dari plang tersebut yang bisa anda gunakan untuk memarkir kendaraan anda. Dari tempat parkir terdapat jembatan yang membentang di Sungai Cikapundun dengan bebatuan andesit hitam di sisi kiri dnan kanannya.

curugdagoUntuk menuju bagian dasar curug, anda harus menuruni anak tangga sekali lagi yang tak memiliki pagar besi yang utuh untuk pegangan. Meski dibutuhkan perjuangan besar dan harus berhati-hati untuk sampai ke Curug Dago namun wisata ini tetap patut dikunjungi. Siapa tahu, jika semakin banyak wisatawan yang bertandang ke sana akan menggugah pemerintah setempat untuk memperbaiki akses ke Curug Dago. Benarkan travelers 😉

Jika para travelers membutuhkan akomodasi, ada banyak hotel murah di Bandung yang bisa anda pilih, seperti:

Referensi:

https://sites.google.com/site/wisataairterjun/jawa-barat/curug-dago—bandung

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *