Pantai Cipatujah, Primadonanya Tasikmalaya

cipatujahKabupaten Tasikmalaya yang berada di Selatan Jawa Barat ini memiliki pantai yang wajib kalian kunjungi, Pantai Cipatujah namanya. Pantai yang memiliki pasir besi dan ombak yang tinggi ini menjadi favorit bagi warga Tasikmalaya. Jika kalian berminat untuk  mengunjungi Pantai Cipatujah, pastikan kalian membawa semua anggota keluarga kalian karena Pantai Cipatujah ini memiliki luas kurang lebih 115 hektar. waow luas banget kan? Lihat juga hotel di Tasikmalaya untuk memenuhi kebutuhan akomodasi kalian ketika berkunjung ke Pantai Cipatujah ini. Pantai Cipatujah berada Desa Cipatujah – Kecamatan Cipatujah dan berada sekitar 74 km dari pusat Kota Tasikmalaya.

Pantai Cipatujah 2Pantai Cipaujah ini merupakan pantai yang terlebar dan terpanjang yang ada di kawasan Pantai Selatan. Pantai Cipatujah ini menghubungkan Pantai Pangandaran yang ada di Kabupaten Pangandaran dan Pantai Pelabuhan Ratu yang ada di Kabupaten Sukabumi. Karena luasnya pantai Cipatujah ini banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini, salah satunya adalah bermain voli pantai, bermain layang-layang dan Balap Kerbau. Balap Kerbau ini merupakan agenda tetap yang diadakan oleh warga setempat, biasanya acara ini dilakukan pada saat pesta nelayan. Balap Kerbau inilah yang menjadi daya tarik utama dari Pantai Cipatujah, meski banyak sekali wisatawan yang berminat untuk melihat Balap Kerbau namun Pantai Cipatujah ini juga ramai dikunjungi meski tidak ada acara pesta nelayan. Balap Kerbau ini pun terasa lain dari pada yang lain karena Balapan Kerbau ini diiringi dengan tabuhan pencak khas Sunda, Rampak Kendang ditambah dengan Angklung sehingga sangat terasa sekali suasana Sunda di sini.

bPantai Cipatujah memiliki struktur pantai yang landai dan banyak wisatawan yang berjemur di bibir pantai. Di dekat pantai  juga terdapat perkebunan kelapa yang sangat subur dan tentu saja luas, kalian bisa berteduh di perkebunan kelapa ini sambil menikmati semilir angin laut dan minum kelapa muda. Di dekat pantai juga terdapat hamparan ilalang liar yang lumayan luas. Kalian bisa menjadikan hamparan ilalang ini sebagai lokasi foto yang instagramable. Tapi jangan terkejut ya jika kalian melihat warga sekitar yang menggembalakan ternak mereka di sekitar pantai, luasnya area pantai dan adanya padang ilalang dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk pakan ternak mereka.

cipatujah2Pemandangan hewan ternak yang melintas di pinggir pantai tentu saja hanya dapat kalian saksikan di Pantai Cipatujah ini. Kalian juga bisa melakukan kegiatan  lainnya yakni memancing di dekat pantai. Di Pantai Cipatujah ini wisatawan dipersilahkan untuk memancing entah itu memancing di dekat pantai atau di muara Suangai Cipatujah yang berada tidak jauh dari pantai. Untuk masalah fasilitas semuanya lengkap, mulai dari tempat parkir, gazebo, panggung hiburan, warung makanan hingga penginapan. Biasanya piknik identik dengan wisata di taman atau kebun namun tidak ada salahnya jika kalian bersama keluarga berpiknik ria di Pantai Cipatujah dengan ditemani hewan ternak juga pohon kelapa yang teduh dan menyegarkan 🙂

 

Referensi :
bandung.panduanwisata

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *