Pasar Baru Trade Center, Pusatnya Belanja Murah Di Bandung

pasar_baru_trade_center_bandung2Sebagai Parisnya Jawa atau yang lebih dikenal dengan Paris van Java, kota Bandung memang menjadi kiblatnya fashion di Indonesia. Di kota kembang ini pula, para fashionista bisa berburu berbagai produk fashion lengkap dengan aksesorisnya. Selain keberadaan sejumlah fashion outlet, distro serta butik yang menjadi sentra fashion baru di Bandung, ada pula Pasar Gedebage yang menjadi pusatnya fasion bekas di Bandung. Bandung juga memiliki tempat untuk anda yang ingin menjual kembali berbagai produk fashion khas Bandung, yakni Pasar Baru Trade Center. Layaknya Surabaya dengan Pusat Grosir atau Pasar Turinya, Jakarta dengan Pasar Tanah Abangnya, Pasar Baru Trade Center atau Pasar Baru Bandung juga menjadi tempat kulakan yang murah di kota Bandung. Dengan lokasinya yang strategis, yakni di Jalan Otto Iskandar Dinata, Bandung dan tidak jauh dari Jalan Asia Afrika, serta kelengkapan dan harga yang murah yang ditawarkan, menjadikan Pasar Baru Trade Center sering didatangi sejumlah pedagang tidak hanya dari Bandung namun juga dari luar Bandung. Bahkan nampak pula sejumlah pedagang dari negea tetangga, seperti Singapura, Brunei Darussalam dan Malaysia juga berbelanja di sana.

pasar-baru-1930-anPasar Baru Trade Center Bandung merupakan pasar modern tertua yang ada di Bandung. Pasar ini telah ada sejak masa pendudukan Hindia Belanda pada tahun 1884. Kala itu pasar ini bernama Pasar Baroeweg dan merupakan pasar pengganti dari Pasar Tjigoeriang. Pasar Tjigoeriang sendiri merupakan pasar yang telah terbakar dalam peristiwa Munada pada 30 Desember 1842. Peristiwa ini diawali kala seorang Cina-Islam bernama Munada melakukan penyelewengan uang pengadaan alat transportasi kereta angkutan yang menyebabkan ia dipenjara. Hingga kemudian Munada melakukan balas dendam dengan membakar Pasar Tjigoeriang yang tidak hanya membuat para pedangan tercerai-berai tetapi juga kehidupan ekomoni terganggu. Baru pada tahun 1884 kehidupan berjalan normal dengan ekonomi yang stabil sehingga mendukung pembangunan Pasar Baroeweg sebagai pasar pengganti.

Pasar-Baru30 (1)Di tengah kehidupan Pasar Baroeweg yang semakin berkembang, maka pada tahun 1906 dibangunlah jajaran toko di bagian depan dan los di bagian belakang pasar. Bangunan toko pun mulai dibuat pemanen dan bertingkat pada tahun 1930-an yang membuat pasar ini mendapat penghargaan sebagai pasar terbersih dan teratur se-Hindia Belanda di tahun 1935. Dan sejak kemerdekaan Indonesia, Pasar Baroeweg pun diubah namanya menjadi Pasar Baru Bandung pada tahun 1970 dan menjadi pasar modern pertama di Bandung. Walaupun begitu, suasana tradisional dari Pasar Baroeweg tak pernah hilang. Pengembangan Pasar Baru Bandung terus dilakukan, hingga pada tahun 2001 pasar ini meyediakan tidak hanya produk fashion lengkap namun juga kebutuhan pangan. Dan pada 21 Agustus 2013, Pasar Baru Bandung berganti nama menjadi Pasar Baru Trade Center dengan diresmikan oleh Walikota Bandung.

Pasar-Baru29Bangunan Pasar Baru Trade Center pun cukup besar dan luas dengan terdiri dari 8 lantai. Waktu satu hari untuk berkeliling pasar ini mungkin akan kurang bagi anda. Karenanya untuk memberikan kemudahan bagi para shopper dalam berbelanja, Pasar Baru Trade Center dilengkapi dengan fasilitas AC Central, lift, dan juga eskalator. Ada pula toilet yang tersebar di seluruh lantai, masjid yang berada di lantai 8, ATM Center yang berada di Lantai 4, Jasa Kiriman barang / Paket ada di lantai 2 Adan 3, Money Changer di lantai 3, pelayanan kantor pos di lantai 5, dan beberapa bank, seperti Bank Nagari, BJB, Bank Swadeshi, dan Bank Danamon. Di sini anda bebas berbelanja sesuai mode yang anda inginkan. Mau grosir ataupun eceran bisa anda dapatkan di sini dengan harga murah. Masing-masing lantai memiliki segemennya tersendiri. Lantai bassement 1 dan lantai dasar 1 atau 2 merupakan tempat untuk berbelanja grosir. Meski sudah termasuk pasar modern, namun anda berkesempatan menawar harga yang ditawarkan pedagang, kecuali untuk harga yang sudah diberi label harga pas ya. Nah, untuk memastikan mendapat harga termurah, anda bisa berkeliling dulu dengan membandingkan ke beberapa toko.

foodcourt-level-6Untuk produk fashion bisa anda temui mulai dari lantai 1 hingga lantai 5. Ada busana muslim, casula, jeans, batik, mukena, perlengkapan haji, dan masih banyak lagi barang yang ditawarkan.  Ada pula berbagai aksesoris seperti sepatu, kaca mata, tas dan alat elektronik seperti handphone serta obat-obatan herbal. Makanan khas Jawa Barat juga bisa anda temukan di sini seperti odol, wajit, ranginang, tempe garing, oncom garing, peuyeum , pisang sale, dan yang lainnya yang bisa anda gunakan sebagai oleh-oleh. Sementara untuk kebutuhan pokok seperti sembako ada di lantai  lantai dasar, bassement B1 dan B2. Sementara jika anda lapar anda bisa makan di Bandung Food Center yang berada di lantai 6. Di sini ada banyak outlet makanan dan minuman yang menawarkan berbagai kuliner tradisional, Chinese food, India dan Eropa. Anak-anak juga bisa bermain di sekitar area food court dengan permainan elektronik. Pasar Baru Trade Center memang tidak hanya murah dan lengkap  namun juga memiliki fasilitas yang semakin membuat betah berbelanja. Jadi jangan lewatkan kunjungan ke Pasar Baru Trade Center dalam tour ke Bandung anda ya 😉

Refrensi:

http://www.1001wisata.com/pasar-baru-trade-center-belanja-murah-lengkap-nyaman/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *