Pesona Dusun Bambu

Bandung merupakan kota yang menyimpan sejuta pesona. Salah satu destinasi wisata yang menjadi favorit wisatawan di Bandung adalah Dusun Bambu Bandung. Wisata alam ini berlokasi di kaki Gunung Burangrang. Tepatnya di Jalan Kolonel Masturi KM 11, Cisarua, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Akses ke Dusun Bambu Bandung

Untuk mencapai lokasi ini ada dua alternatif jalan. Bagi Anda yang berasal dari arah Kota Bandung, bisa melewati Jalan Sersan Bajuri. Ikuti jalan itu sampai ke Jalan Kolonel Masturi. Dari Vila Istana Bunga, Anda bisa lanjut ke arah Universitas Advent. Jalan terus, lalu belok kanan ke arah Curug Cimahi. Sekitar 300 meterdari Curug Cimahi, ada gapura bertuliskan “KOMANDO”di sebelah kanan. Masuk ke gapura tersebut sejauh 500 meter, maka Anda akan menemukan gerbang Dusun Bambu.

Sedangkan bagi Anda yang berasal dari arah Cimahi, bisa lewat Jalan Jenderal Sudirman. Silakan lurus ke arah barat hingga ke alun-alun kota Cimahi. Beloklah ke Jalan Kolonel Masturi, di sebelah alun-alun.

Lanjutkan perjalanan hingga mencapai tanjakan sekitar 11 km ke arah Curug Cimahi. Sekitar 300 meter dari Curug Cimahi, ada gapura bertuliskan “KOMANDO” di sebelah kanan. Masuk ke gapura tersebut sejauh 500 meter, maka Anda akan menemukan gerbang Dusun Bambu.

dusun bambu

Keindahan Dusun Bambu Bandung

Daya tarik utama destinasi wisata ini adalah keindahan alamnya. Lokasinya yang berada di kaki gunung, membuat tempat ini terlihat asri dan berhawa sejuk. Di sini, Anda dapat menikmati pemandangan pesawahan, danau, kawasan hutan pinus, dan masih banyak lagi.

Dusun Bambu Bandung merupakan wahana ekowisata pertama di Jawa Barat. Obyek wisata ini memiliki misi 7E, yaitu Edukasi, Ekonomi, Etnologi, Etika, Estetika, dan Entertainment. Dusun Bambu merupakan ekowanawisata pertama di Jawa Barat yang cocok Anda nikmati bersama keluarga. Jika berkunjung ke sini, sebaiknya Anda menyediakan waktu khusus agar puas berkeliling.

Aktivitas di Dusun Bambu

Café Burangrang

Di resto ini, pengunjung dapat menikmati hidangan sambil melihat pemandangan. Kuliner yang ditawarkan di sini cukup bervariasi. Mulai dari kuliner tradional khas Sunda, hingga kuliner mancanegara. Resto ini dilengkapi beberapa fasilitas seperti family gathering, dan corporate training. Daya tampung Café Burangrang terbilang cukup besar yaitu 600 orang.

Di sini, Anda bisa memilih lokasi meja dan tempat duduk indoor atau outdoor. Anda juga bisa memilih duduk di kursi atau lesehan di saung-saung yang telah disediakan. Menu yang sebaiknya Anda coba di sini adalah Nasi timbel Barangrang dan Ayam Betutu. Untuk harga, resto ini memang mematok harga cukup tinggi. Untuk dapat menikmati hidangan di sini, Anda harus merogoh kocek mulai dari Rp 45.000,-.

CafeBurangrangDusun Bambu

Lutung Kasarung

Ada satu kafe yang cukup unik di sini, namanya Lutung Kasarung. Jika mendengar nama ini, pengunjung pasti akan teringat dengan salah satu dongeng daerah Sunda. Konsep yang ditawarkan kafe ini sangat antimainstream jika dilihat dari desainnya.

Pengunjung bisa menikmati hidangan dalam kapsul raksasa yang terbuat dari akar dan ranting pohon. Kapsul-kapsul ini ditopang oleh empat pilar bambu sehingga berkesan melayang di atas tanah. Sebuah jembatan kayu yang menghubungkan seluruh kapsul di kafe ini, membuat pemandangannya semakin indah.

 

Pasar Khatulistiwa

Jika Anda ingin berbelanja buah dan aneka sayuran segar, maka Pasar Khatulistiwa jawabannya. Seluruh hasil bumi yang dijual di pasar ini, dipanen langsung dari Gunung Burangrang. Pasar Khatulistiwa tidak hanya menawarkan wisata belanja, tetapi juga wisata kuliner. Beberapa menu yang ditawarkan adalah mi kocok, lotek, soto Bandung, rujak, kue ape, surabi, dan lain sebagainya. Untuk dapat menikmati hidangan di sini, Anda hanya perlu mengisi voucher. Jangan khawatir, jika saldo masih ada, Anda tetap bisa menariknya kembali.

Saung Purbasari

Bagi Anda yang ingin bersantai, Anda bisa memanfaatkan fasilitas Saung Purbasari. Setiap saung  bisa menampung 6-12 orang. Di sini, Anda dapat menikmati udara segar dan pemandangan danau. Jika Anda ingin menyeberangi danau dengan perahu, ada petugas yang siap mengantarkan Anda.

 

Bamboo Play Ground

Apakah Anda rindu dengan permainan-permainan tradisional? Jika iya, maka Anda wajib mampir ke Playground Dusun Bambu. Di sini, Anda akan menemukan permainan masa kecil yang saat ini sudah mulai susah ditemukan. Salah satunya adalah egrang.

Tidak hanya permainan tradisional, di sini Anda bisa mencoba olahraga memanah, bersepeda, dan team building. Anda juga bisa mengajak putra putri Anda ke Bamboo Play Ground. Di lokasi ini, putra putri Anda dapat merasakan pengalaman memanen padi, menjelajah alam, dan belajar tali temali.

 

Villa Kampung Layung

Merasa tidak cukup hanya sehari berada di Dusun Bambu Bandung? Anda tidak perlu khawatir. Di sini tersedia villa yang bisa Anda sewa untuk bermalam. Salah satu area villa yang ada di Dusun Bambu adalah Villa Kampung Layung.

Tarif untuk menginap di sini saat weekdays mulai dari Rp2,25 juta – Rp3,25 juta per malam. Sedangkan saat weekend  dan hari libur, tarifnya meningkat menjadi Rp2,85 juta – Rp3,85 juta per malam. Anda bisa memilih villa dengan dua kamar atau satu kamar, sesuai kebutuhan.

Fasilitas yang ditawarkan sepadan dengan tarifnya. Setiap villa disertai dengan room service 24 jam, TV satelit, bathroom amenitis, peralatan barbeque, free wi-fi,teh dan kopi gratis, serta peralatan dapur yang cukup lengkap.

dusun-bambu-SaungPurbasari

Eagle Camp (Camping Ground)

Untuk Anda yang menyukai sensasi bermalam di alam terbuka yang tentu berbeda dengan hotel di Bandung secara umum, camping adalah pilihan tepat. Di area camping Eagle Camp, Anda tidak perlu repot membawa tenda dan perlengkapan berkemah. Di sini sudah disediakan tenda, lengkap dengan ranjang, serta fasilitas air panas. Jika Anda ingin mengadakan pesta barbeque, di sini juga sudah disediakan.

Tarif yang harus kita keluarkan untuk berkemah di sini memang cukup mahal, yaitu Rp1,45 juta. Namun rasanya tarif ini sepadan dengan fasilitas yang disediakan. Daya tampung setiap tenda juga terbilang cukup besar, yaitu 6 orang.

 

Permainan Memanah

Bagi Anda yang ingin mencoba olahraga panahan, Anda bisa mencobanya di sini. Dengan  merogoh kocek sebesar Rp20.000,- per orang, Anda akan dibekali 10 buah anak panah. Putra putri Anda yang berusia minimal 10 tahun juga bisa Anda ajak untuk memanah.

 

Airsoft Gun

Jika Anda menyukai serunya bermain tembak-tembakan, Anda bisa mencoba olahraga airsoft gun. Di sini kemampuan Anda dalam menyusun strategi akan diuji agar bisa memenangkan pertandingan. Olahraga airsoft gun tidak hanya mengasikkan, tetapi juga memacu adrenalin Anda.

 

Permainan Melempar Pisaudusun-bambu-playground

Mau mencoba permainan menantang? Anda dapat latihan melempar pisau di sini. Terdengar berbahaya, ya? Namun justru di sinilah keseruannya. Anda harus memegang pisau dengan tangan Anda, lalu melemparnya menuju sasaran. Saat akan melempar, Anda harus benar-benar berkonsentrasi dan fokus agar tepat sasaran. Berani mencoba?

Wisata ini rasanya layak untuk masuk ke dalam daftar destinasi liburan Anda. Bagi Anda yang ingin memasuki kawasan Dusun Bambu, cukup membeli tiket seharga Rp15.000,- per orang.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mengunjungi Dusun Bambu Bandung? Jangan lupa ajak serta keluargaAnda  ya. Selamat berlibur.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *