Santai Sore Di Taman Ganesha

taman ganeshaSenin ini uda penat dengan semua rutinitas dan target yang harus dikejar? Tenang travelers, jangan keburu uring-uringan. Yuk tarik napas dulu dan tenangin diri sejenak, bisa dengan makan-makan ataupun hangout bareng temen. Tapi kalau pengen menyendiri aja juga gak masalah kok. Sambil melihat yang hijau-hijau bisa bikin pikiran dan suasana hati jadi lebih fresh. Gak perlu jauh-jauh atau ambil cuti buat liburan lagi travelers. Datang aja ke taman kota, deket, gratis lagi. Salah satunya nih ke Taman Ganesha yang ada di Jalan Ganesha, Kelurahan Lebak Siliwangin, Kecamatan Coblong, Bandung. Taman ini masih satu area dengan Institut Teknologi Bandung. Jadi gampang dong buat ke sana. Di taman ini travelers bisa sejenak menenangkan diri sambil melihat pemandangan hijau yang menyejukkan. Tubuh pun jadi tersupplai oksigen lebih banyak yang bikin badan kembali segar karena banyaknya pepohonna yang ada di sana. Jadi sebelum nyampek rumah, travelers dua bisa segeran lagi buat berkativitas bersama keluarga dengan lebih semangat.

taman-ganeshaTahu gak travelers, kalau sebenarnya Taman Ganesha ini uda ada cukup lama loh, mulai dari tahun 1919. Namun awalnya taman ini bernama Ijzermanpark, yang diambil dari nama salah satu warga Belanda pendiri dari ITB yang dahulu dikenal dengan nama Technische Hogeshool. Beliau adalah Dr.Ir. J. W. Ijzerman yang tidak hanya namanya saja yang diabadikan untuk taman ini namun juga ada patung dari Dr.Ir. J. W. Ijzerman yang diletakkan di pintu masuk taman sebelah utara. Meski hanya berukuran setengah dada, namun patung ini cukup megah dengan pondasi tiang beton. Tetapi sejak tahun 1960-an, Ijzemanpark berganti nama menjadi Taman Ganesha dan patung dari Dr.Ir. J. W. Ijzerman diganti dengan Patung Ganesha yang terbuat dari baja anti karat.

taman-ganesha-bandungTaman Ganesha memang sengaja dipertahankan bukan hanya sebagai  ruang terbuka hijau namun juga sebagai area konservasi. Di taman seluas 9.607 m2 tersebut dipenuhi dengan hamparan rerumputan hijau, bunga-bunga yang indah, dan juga sejumlah pepohonan yang lebat. Dengan kondisi taman yang seperti itu membuat taman ini menjadi rumah yang nyaman bagi sejumlah burung untuk sekedar singgah maupun tinggal di sana. Bahkan ada pula burung-burung yang mulai langka yang bisa ditemui di sana. Dan inilah tujuan konservasi yang diharapakan di Taman Ganesha. Burung-burung ini pun bisa hidup dengan nyaman karena tak ada tangan-tangan jahil yang mengganggunya. Travelers pun bisa merasakan kenyamanan di taman ini, meski hanya menghabiskan waktu dengan duduk-duduk di kursi taman. Menenangkan diri sambil ditemani dengan semilir angin sore dan kicau burung yang hendak pulang ke sarangnya.

berkuda taman ganeshaTaman Ganesha juga bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan hari Minggu bersama sang buah hati. Bukan saja lokasinya yang berdekatan dengan kebun binatang Bandung, namun juga karena taman ini menawarkan atraksi yang akan membuat si kecil betah berlama-lama bermain di sana. Salah satunya adalah keberadaan para pengendara kuda yang bisa travelers sewa untuk mengajak si kecil berkeliling taman. Atau kalau tak mau repot-repot menunggangi, travelers bisa duduk di belakang dan membiarkan sais delman menyopiri anda berkeliling taman. Sejumlah rerumputan taman juga dibentuk binatang lucu yang akan membuat si kecil berasa seperti bertandang ke kebun binatang. Nah, buat refrensi liburan akhir pekan nanti, klik link ini aja https://goo.gl/zxpKRD.

Refrensi:

http://www.wisatakan.com/2013/10/objek-wisata-taman-ganesha-bandung.html

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *