Sejuknya Udara Di Perkebunan Teh Gambung

Perkebunan-teh-gambungLokasi kota Bandung yang berada di ketinggian 768 meter di atas permukaan laut membuat suhu udara kota ini cukup sejuk. Selain itu pemandangan yang dihadirkan pun cukup menakjubkan dengan pemandangan hijau yang menyejukkan mata. Pemandangan hijau ini tidak hanya berasal dari pegunungan dan perbukitan yang ada di sana namun juga berasal dari perkebunan yang salah satunya adalah Perkebunan Teh Gambung yang berada di Desa Mekarsari, Kecamatan Cisondasari, Bandung Selatan. Perkebunan ini berlokasi tepat di lereng Gunung Tilu dan terletak diantara dua perkebunan teh lainnya di Jawa Baratm yakni Perkebunan Malabar dan Perkebunan Patuha. Perkebunan teh memang bisa ditemukan dengan mudah di kota Kembang karena lokasinya yang membuat tanaman perdagangan ini bisa tumbuh dengan baik di sini.

perkebunan teh gambungBerkunjung ke Perkebunan Teh Gambung paling pas jika rame-rame, entah bersama keluarga ataupun teman-teman. Sejenak anda dan rombongan bisa menikmati sejuknya udara khas pegunungan dengan suasana hijau yang menyejukkan. Anda bisa menikmati udara yang bersih memenuhi paru-paru anda setelah sebelumnya kerap terkena udara beracun. Tak hanya menikmati keindahan alamnya, namun pengunjung Perkebunan Teh Gambung bisa juga melihat Ngebekong yang dalam bahasa Indonesia berarti menyimpan tanaman muda sebelum akhirnya ditanam di kebun. Selain itu anda juga bisa melihat cara bercocok tanam, terutama untuk tanaman teh dan sejumlah tanaman kebun lainnya seperti sayuran hijau dan kacang-kacanga. Wisata edukasi ini dipersembahkan oleh Rumah Pintar Satoe yang bekerja sama dengan Pusat Penelitian Teh dan Kina Gambung (The Research Institute for Tea and Cinchona). Jadi sambil berwisata alam, anda dan rombongan pun bisa belajar mengenai proses berkebun secara mendalam. Mulai dari proses pembibitan, benih, penanaman di ladang, panen, hingga simulasi penjualan dari petani ke pembeli atau penegpul.

petik teh gambungTak hanya melihat proses pertanian tanaman-tanaman tersebut, namun anda dan rombongan bisa juga melihat proses pembuatan teh yang dimulai dari pengambilan pucuk daun teh. Anda bisa ikutan memetik pucuk daun teh yang tentunya dengan pengarhan terlebih dahulu agar bisa memetik dengan baik dan benar. Usai dipetik, pucuk-pucuk daun teh tersebut ditimbang untuk kemudian melalui tahapan pelayuan, pengeringan, hingga akhirnya penggilingan. Lengkapi pengetahuna anda mengenai tanaman perkebunan dan pengolahannya dengan membaca buku-buku pertanian yang di perpustakaan Perkebunan Teh Gambung. Tak hanya buku mengenai cara bertanam namun buku-buku sejarah mengenai perkembangan teh dan kina juga bisa dengan mudah anda temukan. Sebelum pulang dari mengunjungi Perkebunan Teh Gambung anda bisa membawa benih tanaman perkebunan, media tanam, pupuk organik, hingga hasil panen sebagai oleh-oleh.

Wah … rupannya Perkebunan Teh Gambung tak hanya bisa menikmati keindahan alam dan kesejukan udaranya saja namun juga bisa menambah ilmu pengetahuan mengenai perkebunan dan sejarah tanaman-tanaman tersebut. Anda dan keluarga pun bisa mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan dan juga ilmu yang bermanfaat. Jadi tunggu apalagi, yuk ajak keluarga dan rekan berlibur ke Perkebunan Teh Gambung Bandung.

Refrensi:

http://www.1001wisata.com/akhir-pekan-di-perkebunan-teh-gambung/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *