Sejuta Pesona Alam di Situ Cisanti

Situ Cisanti, salah satu objek wisata alam yang ada di Bandung ini mungkin terdengar asing di telingamu. Yap, danau yang terletak di Kampung Pejaten Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari,  Kabupaten Bandung ini memang tidak seterkenal Situ Patenggang yang ada di Ciwidey, tapi keindahan alamnya nggak kalah deh sama Situ Patenggang!

situ_cisanti

Situ Cisanti

FYI, Situ Cisanti merupakan hulunya Sungai Citarum, sungai terpanjang di Jawa Barat. Siapa sangka, sungai yang paling tercemar di Indonesia, bahkan dunia ini punya hulu yang airnya sangat jernih dengan panorama yang eksotis. Dibalik keindahannya, Situ Cisanti juga punya cerita menarik lho. Yuk, disimak!

Dulunya, Situ Cisanti dijadikan tempat persinggahan Dipatiukur, seorang wedana para bupati Priangan pada abad ke-17, dialah yang memimpin pasukan untuk melawan Belanda di Batavia pada tahun 1628. Selain jadi tempat persinggahan, Bujangga Manik, putra Raja Padjajaran juga pernah mengunjungi Situ ini dengan berjalan kaki seorang diri dalam perjalanannnya ke tempat-tempat suci di Pulau Jawa dan Bali pada abad ke-5. Situ Cisanti juga berperan penting bagi sumber kehidupan warga Jawa Barat.

Sudah menyimak sejarahnya, sekarang kita kembali lagi ke keindahan yang ada di Situ Cisanti ini. Di Situ ini ada 7 mata air diantaranya adalah mata air Pangsiraman, Mastaka Citarum, Cisadane, Cikoleberes, Cikawedukan, Cihaniwung, dan Cisanti. Mata air yang paling sering dikunjungi wisatawan adalah mata air Pangsiraman, disini kamu bisa melihat air jernih yang langsung keluar dari tanah. Sungguh melengkapi keindahan yang ada di Situ Cisanti.

Mata Air Cikahuripan | Foto : novajourney.wordpress.com

Mata Air Pangsiraman |

Buat kamu yang mau menikmati keindahan alam Situ Cisanti agaknya harus sedikit bersabar karena akses ke sana tidaklah mudah. Ada dua cara, pertama dari Pangalengan melalui perkebunan Teh Malabar dan yang kedua kamu bisa melewati Pasar Ciparay menuju Cibeureum. Meski akses yang pertama lebih dekat, dengan jalan yang tidak terlalu menanjak tapi kalau kamu baru pertama kali melaluinya mungkin akan sedikit bingung, karena jalanan di kebun Teh Malabar cukup sulit dan kurang terawat. Karena itu, kamu bisa menggunakan alternatif jalan kedua yang lebih mudah.

Perkebunan Teh Malabar

Perkebunan Teh Malabar

Selain punya pemandangan super cantik, di Situ Cisanti kamu bisa berkemah juga lho. Cocok buat kamu yang punya jiwa petualang. Biasanya saat musim panas, banyak wisatawan yang berkemah di pinggiran Situ ini. Suasana Situ ini yang masih sangat alami, jauh dari pusat kota, memang pas untuk dijadikan tempat liburan dan melepas penat. Tapi, jangan sekali-sekali ke Situ ini kalau lagi musim hujan ya, karena angin disana cukup kencang. Dan buat akomodasinya di Bandung klik disini yaa.

Last but not least, harga tiket masuk Situ Cisanti juga terbilang murah lho. Hanya dengan Rp 7500,- kamu sudah bisa menikmati pesona alam yang ada di Situ Cisanti ini. Untuk biaya parkirnya juga hanya Rp 2000,- untuk motor dan Rp 5000,- untuk mobil. Jadi, kapan kamu kesini?

Referensi : berbagai sumber

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *