Si Kue Legendaris, Kue Balok

131053_kuebalok03Ada banyaaakkk sekali jajanan khas Kota Kembang, dan salah satunya yang paling diburu adalah kue balok! Untuk travelers, harus incip kue balok kalo lagi dateng ke Bandung. Karena kue balok ini merupakan favorit orang Bandung dan kue yang diburu wisatawan ketika berkunjung ke Bandung. Kue balok sempat kehilangan pamornya loh guys, karena banyak sekali jajanan modern yang mulai bermunculan. Sekarang kue balok sudah banyak bertebaran disetiap sudut Kota Bandung.

12052014118Kue balok terbuat dari campuran tepung terigu, mentega, gula dan air lalu dimasak di atas cetakan yang berbentuk balok. Cara memasak kue balok juga masih terbilang tradisional guys, yakni di atas arang. Untuk mendapatkan kematangan yang merata, memasak kue balok membutuhkan dua tungku arang. satu di bawah cetakan dan satu di atas cetakan, dan dimasak sekitar lima menit. Sekilas kue ini mirip dengan kue pukis, namun kue balok lebih padat dan mengenyangkan. Untuk toping bisa memilih antara cokat, keju, kacang dan kismis. Dulu kue balok tidak memakai toping, tetapi untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman, dan agar dapat bersaing dengan jajanan modern, kini kue balok memiliki bermacam toping ๐Ÿ™‚

kue balokJika travelers pergi ke Bandung dan menemui banyak sekali penjual kue balok, jangan heran. Kue ini adalah kue primadona selain surabi Bandung. Tetapi yang paling terkenal adalah Kue Balok Cihapit dan Kue Balok Kang Didin. Kue Balok Cihapit bisa ditemukan di Pasar Cihapit, biar gak salah di spanduknya ada tulisan Mang Udju-nya. Nah kue balok Mang Udju ini banyak banget pembelinya, sampai-sampai yang beli harus pake kupon. Kue balok Mang Udju ini gak ada tempat untuk duduk dan bersantai ya travelers, jadi yang sabar kalo ngantri hehe, karena kue balok Mang Udju buka dari pagi sampai malam.

egdsfgKue balok Kang Didin terletak di Jalan Abdul Rahman Saleh, tepat di seberang SMA Angkasa dan buka dari jam 17.00 – 02.00 WIB. Kalo yang ini travelers bisa nongkrong dari malam sampai pagi kecuali hari Mingu ya. Di sini kalian bisa nongkrong asik dari malam sampai dini hari ditemani kue balok dan secangkir kopi ๐Ÿ˜‰ . Tempat jualannya tidak terlalu besar travelers, tetapi pengunjungnya gak kalah rame sama kue balok Cihapit. Di sini selain kopi travelers juga bisa memesan minuman susu, teh, baik hangat maupun dingin dan minuman lainnya.

Kue balok Kang Didin ini sudah ada sejak tahun 1960-an loh travelers, dan sekarang usaha kue baloknya diteruskan oleh anaknya. Pelanggan Kang Didin lumayan banyak yang dari luar negri, karena letaknya yang berada di sekitar Bandara udara Husein Sastranegara. Oh ya travelers, kue balok iniย  paling enak dimakan saat masih hangat, bagi yang suka makanan setengah matang, kue balok ini juga bisa dimakan setengah matang. Dengan bagian tengah adonan yang masih lumer dan hangat pasti menambah kelezatannya.

 

 

Referensi :

https://rinaldimunir.wordpress.com/2014/05/13/kue-balok-kue-khas-urang-bandung-yang-laris/

http://bandung.panduanwisata.id/wuih-manisnya-kue-balok-kang-didin/

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *