Warna-Warni Jalan Asia Afrika Jelang KAA

konferensi-asia-afrika-2015_B4B32D2A790B419F8DFF276180652C23Tahun ini Indoensia menjadi momen bersejarah pelaksanaan Konferensi Asia Afrika. Konferensi yang tujuan utamanya untuk mencapai kemerdekaan dunia ini kini telah berusia 60 tahun pasca pelaksanaan pertamanya seusai Perang Dunia II, tepatnya pada 28 – 29 Desember 1954.

Pada konferensi yang pertama tersebut, dilangsungkan di Indonesia dan bertempat di Bandung dengan dihadiri perdana menteri perwakilan beberapa negara, seperti Indonesia, India, Srilanka, Pakistan, Kamboja, Myanmar, China, Mesir, dan negara-negara lain yang baru merdeka.

Sebagai tempat untuk mengenang peristiwa penting tersebut dibangunlah Museum Asia Afrika yang berada di Gedung Merdeka. Di museum yang juga berada di Jalan Asia-Afrika ini anda bisa menyaksikan gambaran proses Konferensi Asia-Afrika pertama kali melalui diorama yang dipajang.

jalan2Dan tahun ini, Konferensi Asia-Afrika bertempat di Bandung dan Jakarta yang berlangsung mulai dari tanggal 19-24 April 2015. Sebanyak 109 pemimpin negara akan menghadiri acara ini untuk membahas berbagai isu di Asia-Afrika dan berlangsung di Jakarta.

Sementara puncak acaranya sendiri berlangsung pada tanggal 24 April besok di Bandung dengan melakukan napa tilas Konferensi Asia-Afrika. Oleh karenanya pemerintah Bandung pun bersiap-siap dengan mempercantik kota mereka, terutama di Jalan Asia-Afrika dimana konferensi akan berlangsung.

Anda yang berencana untuk berlibur ke Bandung bisa berlibur ke sini karena sejumlah acara telah disiapkan. Jalan Asia-Afrika akan nampak lebih “Eropa” sebagaimana julukan Kota Bandung sendiri sebagai “Paris van Java”. Kawasan yang biasanya nampak “tua” ini kini lebih cantik dan siap-siap anda dibuat “pangling”.Jelang_KAA_Warga_Mulai_Padati_Jalan_Asia_Afrika_Bandung-310x310

Meski kawasan Kota Tua, sebenarnya Jalan Asia-Afrika memiliki pesona wisata yang tak kalah dengan Jalan Dago.

Selain wisata sejarah, jalan ini juga menawarkan kuliner dengan harga kaki lima namun dengan rasa bintang lima. Sejumlah gedung pemerintahan dan tempat-tempat penting ada di sini. Bahkan banyak pula hotel murah di Bandung yang bisa anda temukan di jalan ini. Simak yuk apa saja yang bisa anda temukan di seputar Jalan Asia-Afrika.

1. Perpustakaan Gedung Merdeka

PerpustakaanGedung Merdeka dulunya digunakan sebagai tempat berkumpul bagi kaum elit Kota Bandung. Kini di gedung tersebut terdapat Museum Asia Afrika yang menjadi tempat untuk bernapak tilas Konferensi Asia Afrika pertama kali. Di belakang museum tersebut, terdapat sebuah perpustakaan yang bisa anda gunakan untuk bernapak tilas KAA dari buku.

Perpustakaan ini dibangun pada tahun 2007 di lahan bekas pusat perdagangan Plaza Palaguna Nusantara dan memiliki koleksi yang lengkap mulai dari sejarah, budaya, hingga sosial politik negara-negar Asia-Afrika.

Perpustakaan ini bisa menjadi tempat menyepi yang asik, apalagi didukung dengan akses WiFi yang lumayan cepat dan koleksi digital library serta audio visual library. Jadi seusai berwisata sejarah di museum, anda bisa melanjutkan ke perpustakaan yang buka setiap Senin-Jumat mulai dari pukul 08.00 pagi hingga 04.00 sore.

bubur ayam pak kumis2. Wisata Kuliner

Di seputar Jalan Asia Afrika banyak pedagang yang menawarkan kuliner khas Kota Bandung dengan harga murah. Pukul 07.00 malam hingga 03.00 dini hari merupakan waktu teramai di jalan ini.

Beragam kuliner bisa anda nikmati mulai dari bakso joko sirod, nasi goreng asia-afrika, hingga bubur ayam Pak Kumis. Masing-masing gerai ini bahkan senantiasa ramai dikunjungi pembeli.

Selain itu ada sejumlah restoran seperti Italiano Restaurant dengan makanan Italianya, Kirishima Restoran dan Kaogen Japanese dengan makanan Jepangnya, Hyogen dan Restoran Maharaja.

3. Beragam Pilihan Akomodasi

Jalan Asia afrika juga menyediakan beragam pilihan hotel murah di Bandung mulai dari:

  • goldenflowerconventionhotel_swimmingpool_9543Zodiak Asia Afrika yang merupakan hotel bintang 3 yang stylish dan modern.
  • Ibis Budget Bandung Asia Afrika yang merupakan hotel bintang 2 dan hanya berjarak cukup dekat dengan beberapa tempat penting seperti Bandara Internasional Husein Sastranegara, stasiun kereta api, Museum Konferensi Asia Afrika, bank dan bangunan komersial lainnya.
  • Golden Flower Convention Hotel yang merupakan hotel bintang 4 dengan Ballroomnya yang menakjubkan.
  • Savoy Homann yang berada tak jauh dari Museum Asia Afrika

Jadi, sambil menyaksikan beragam event di Konferensi Asia-Afrika 2015, anda bisa menikmati beragam kuliner murah dengan beberapa pilihan akomodasi. Greeting of Peace anda happy holiday in Bandung Everlasting Beauty.

Refrensi:

  • http://news.detik.com/read/2015/04/20/102703/2891959/10/begini-antusiasnya-warga-menikmati-suasana-eropa-di-jalan-asia-afrika-bandung
  • https://id-id.facebook.com/aneu.deri.astuti/posts/159526060854609
  • http://www.haphap.com/id/review/v/tempat-makan-bandung-wisata-kuliner-malam-di-asia-afrika

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *