Wayang Golek, Souvenir dari Tanah Sunda

wayang-golekSiapa yang tidak mengenal wayang golek? Salah satu warisan budaya dari tanah Sunda yang sering muncul di televisi swasta ini sudah dikenal masyarakat Indonesia secara luas. Seni pertunjukan wayang yang terbuat dari boneka kayu ini menyebar dari daerah Cirebon hingga daerah Banten bagian barat, bahkan beberapa daerah di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Jawa Barat juga sering mengadakan pertunjukan Wayang Golek.

eryeyrtyhtIstilah ‘golek’ dalam wayang golek mengarah kepada dua makna yakni golek sebagai kata kerja yang berarti ‘mencari’ dan sebagai kata benda yang berarti boneka kayu. Alur cerita dalam wayang golek biasanya diambil dari cerita rakyat seperti cerita Ramayana dan Mahabarata dengan menggunakan bahasa sunda juga diiringi dengan gamelan sunda. Namun yang akan kita bahas kali ini bukanlah seni pertunjukan wayang, melainkan wayang golek yang sering kita jumpai di kios-kios penjual oleh-oleh khas Bandung.

Sebagai souvenir atau cindera mata khas daerah Bandung, peredaran wayang golek terbilang luas. Beberapa kota besar sepeperti Surabaya, Yogyakarta dan Bali masuk dalam pangsa pasar yang memiliki potensi besar. Harga wayang golek relatif murah, kisaran harga juga ditentukan oleh tingkat kesulitan dari ukiran dan bahan bakunya. Untuk wayang golek yang paling sederhana yang berbahan dasar kayu albasia dibandrol dengan harga sekitar Rp.30.000/biji lengkap dengan aksesoris dan pakaiannya. 

Wayang_Golek_GambyongDalam proses pembuatan wayang golek khusus untuk pagelaran dan untuk souvenir beda ya guys. Souvenir wayang golek lebih mudah pembuatannya, karena itu dalam sehari seorang pengrajin bisa membuat 3-4 buah wayang golek. Sedangkan untuk wayang golek yang biasa digunakan pak dalam pagelaran, proses pembuatannya lebih rumit karena harus membutuhkan ‘rasa’. Rasa yang dimaksud di sini adalah ketika seorang pengrajin akan membuat wayang golek Gatotkaca, maka sang pengrajin harus mengumpulkan ‘rasa’ Gatotkaca di dalam dirinya agar aura Gatotkaca tersalur dalam wayang goleknya. Begitu juga jika seorang pengrajin membuat wayang golek Arjuna, maka dibutuhkan ‘rasa’ Arjuna ketika membuatnya.

Yudhistira-ArjunaSelain itu juga terdapat perbedaan kualitas antara wayang golek pagelaran dengan wayang golek souvenir. Jika seorang souvenir wayang golek bisa membuat 3 hingga 4 wayang dalam sehari, seorang pengrajin wayang pagelaran membutuhkan waktu satu minggu untuk satu jenis tokoh, hal ini disebabkan karena wayang pagelaran haruslah enak dipegang dan persendiannya yang luwes juga kainnya yang lebar. Tentu saja kualitas wayang goleknya juga lebih halus dan indah, karena itu harga wayang golek pagelaran bisa dijual dengan harga mulai dari Rp.350.000 – Rp.700.000 per tokohnya. Untuk satu set wayang golek pagelaran yang berjumlah 100 biji dibandrol dengan harga 35 juta rupiah. 

Kalau ke Bandung jangan lupa untuk membeli souvenir wayang golek ya guys, sebagai pengingat bagi anak cucu kita bahwa wayang golek adalah warisan budaya yang harus dilestarikan. Referensi buat kalian jika sedang berkunjung ke Bandung, Saung Angklung Udjo asik untuk di kunjungi. Di sana kalian akan menikmati alam dan budaya Bandung dalam satu tempat 🙂

 

 

Referensi :

http://www.kompasiana.com/mita/ade-sudarjat-pengrajin-wayang-dari-gegerkalong_550a263e813311e805b1e57b

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *