Wisata Budaya Di Taman Budaya Dago

taman_budaya4Kebudayaan dalam sebuah negara bukan hanya menjadi kekayaan nonmaterial namun juga telah menjadi jati diri bangsa. Kebudayaan ini harus dijaga dan dilestarikan agar sebuah negara tetap menjadi jati dirinya. Tak heran, jika banyak negara-negara besar yang memiliki pusat kebudayaan.

Selain untuk melestarikan budaya mereka, pusat kebudayaan ini juga memiliki fungsi sebagai media promosi pengenalan budaya mereka kepada dunia. Hal inilah yang mendasari Ida Bagus Mantra, seorang Direktur Jendral Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada tahun 1968-1978, untuk mendirikan sebuah pusat kebudayaan. Selain di Bali, ia juga berhasil membangun taman budaya di daerah Dago, Bandung.

Foto_Dago_Atas17Untuk menunjang budaya dan kesenian agar terus hidup dan lestari, maka sebuah taman budaya yang dibangun harus memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Mulai dari gedung pertunjukan, teater terbuka, galeri seni, hingga area workshop. Di Bandung, sebuah restoran bekas orang-orang Belanda biasa menghabiskan waktu dengan minum teh yang bernama Dago Tea House, dipilih menjadi lokasi taman budaya.

Selain karena faktor sejarah, bangunan yang berada di Jl. Bukit Dago Selatan No. 53 A, Bandung ini dinilai cukup untuk menjadi pusat kebudayaan Jawa Barat dan sebagai pengantar untuk mengenal kebudayaan Jawa Barat lebih mendalam.

Sejak adanya otonomi daerah dan pengelolaan taman budaya di bawah naungan Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat, Taman Budaya Dago Bandung berganti nama menjadi Balai Pengelolaan Budaya yang lebih membuka diri pada aspek perkembangan seni dan budaya.

Sehingga kesenian yang ada baik tradisional maupun kontemporer dapat terus dipelihara dan dilestarikan. Meski demikian, orang masih menyebut tempat ini sebagai taman budaya.

pertunjukan di taman budaya dagoDi waktu-waktu tertentu, anda bisa menyaksikan pagelaran seni yang rutin digelar setiap tahunnya, seperti pertunjukan Bajidoran yang rutin digelar pada malam tahun baru.

Di taman budaya ini para pekerja seni juga bisa menampilkan kepandaian mereka, terutama pada seni tradisional. Namun di sini anda tidak hanya bisa melihat kesenian asli Jawa Barat namun juga kesenian lain yang ada di Indonesia. Pihak-pihak tertentu yang ingin menggelar pertunjukan di sini juga diperkenakan sehingga taman budaya menjadi tempat yang cukup diminati wisatawan, terutama wisatawan asing.

Anda tidak perlu khawatir karena tempat ini cukup dekat dengan hotel murah di Bandung, seperti:

Selain melihat berbagai pertunjukan seni, di Taman Budaya Dago ini anda juga bisa mengikuti beberapa pelatihan seni, seperti pembuatan gamelan, piano, ataupun berlatih pencak silat. Anda juga bisa belajar snei tari khas Jawa Barat , teater dan juga karawitan di sini.

sanggar tari taman dagoDi area seluas 4 hektar ini, Taman Budaya Dago dilengkapi dengan beragam fasilitas yang akan membuat anda cukup nyaman. Area parkir seluas 12.208,52 m² menjadi tempat yang nyaman bagi kendaraan ketika anda melihat pertunjukan seni di sini. Sebuah gedung teater tertutup dengan panggung berukuran 12×15 m dan tinggi 6 m cukup menjadi pusat daerah ini.

taman-dago6Gedung ini bisa disewa oleh banyak pihak yang ingin melakukan pertunjukan dengan tempat duduk sebanyak 640 buah. Tempat inilah yang dulunya menjadi Dago Tea House. Tak hanya kapasitas besar, namun gedung ini juga dilengkapi dengan pecahayaan dan sound system yang memadai.

Di depan gedung ini terdapat perpustakaan dengan nama Taman Pustaka yang bisa anda gunakan untuk belajar seni budaya lebih mendalam dari buku.

Selain gedung teater tertutup ada pula teater taman dengan kapasitas yang lebih kecil. Suasana taman yang cukup segar dan hijau akan memberikan nuansa rileks pada diri anda.

taman-dago4Ada pula bangunan seluas 150m² yang berfungsi sebagai sanggar tari. Bangunan bernama Roemah Teh merupakan ruang pameran dan lokasinya di dekat taman terbuka. Dengan luas mencapai 250m² ruangan ini terbagi menjadi dua bagian, depan dan belakang.

Puas berkeliling dan belajar budaya, anda bisa beristirahat di Cafeteria Boga Kuring sambil menikmati berbagai menu Sunda, Eropa, dan Cina. Anda bisa menikmati bersantap di saung lesehannya sambil bercengkrama bersama keluarga.

Ingin membawa oleh-oleh berupa kerajinan Jawa Barat atau lukisan? Ada etalase cinderamata yang bisa anda gunakan untuk berbelanja oleh-oleh dengan harga yang variatif. Jadi bagi anda yang berencana untuk berlibur ke Kota Bandung, jangan lewatkan untuk lebih mengenal budaya Jawa Barat dengan berkunjung ke Taman Budaya Jawa Barat atau Taman Budaya Dago.

Baca juga Taman Budaya Bali yang akan membantu anda lebih mengenal kebudayaan Bali.

Refrensi:

  • http://www.jotravelguide.com/ID/indonesia/bandung/tempat_pertunjukan_seni.php
  • http://www.tempatwisatamu.com/2014/01/wisata-taman-budaya-dago-tea-house-bandung.html

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *