Wisata Melihat Bintang di Observatorium Bosscha Bandung

kupel1Siapa yang belum pernah pergi ke Bandung? Sayang banget deh kalo travelers belum pernah menginjakkan kaki di Kota Bandung, karena Tanah Sunda ini memiliki banyak sekali destinasi wisata yang keren-keren. Contohnya aja nih Gunung Tangkuban Perahu, Kawah Putih Ciwidey dan Trans Studio Bandung. Untuk kali travelers akan kita ajak untuk berwisata melihat bintang di Observatorium Bosscha di Lembang, 15 kilometer sebelah utara Kota Bandung. Observatorium yang menempati tanah seluas 6 hektare ini berada pada ketinggian 1310 di atas permukaan laut (mdpl)  atau 630 meter dari dataran tinggi Bandung. Kalo ada yang tahu atau ingat tentang film Petualangan Sherinna, di situlah lokasi syutingnya. FYI, Observatorium Bosscha ini adalah tempat penerowongan bintang yang tertua di Indonesia.

bamberg1Wisata yang ditawarkan oleh Observatorium Bosscha ini tidak lain berupa kunjungan ke lokasi pada siang dan malam hari. Dalam kunjungan nanti travelers dapat melihat cara kerja Teleskop Zeiss dan mendapatkan informasi seputar astronomi di ruang multimedia. Untuk melihat bintang, tentu saja travelers harus berkunjung pada malam hari ya. Karena itu pada kunjungan malam hari travelers bisa langsung meneropong dengan teleskop portable dan teleskop Bamberg. Jika travelers ingin langsung berkunjung ke Observatorium Bosscha harap memperhatikan cuaca ya, karena jika cuaca tidak mendukung seperti mendung, hujan atau malam terlalu berkabut maka kegiatan meneropong akan di cancel. Jangan patah semangat dulu travelers, karena sebelum datang ke Observatorium ini travelers bisa berkonsultasi dengan pihak observatorium terlebih dahulu.Untuk akses menuju Observatorium Bosscha bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika Travelers menggunakan kendaraan pribadi maka dari Jalan Setiabudi Bandung, travelers bisa mengambil jalan ke arah Lembang yang akan melewati Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI Bandung dan terminal Ledeng, ikuti saja jalan maka travelers akan menjumpai Pusdik Korps Wanita Angkatan Darat, 400 meter ke depan travelers akan menjumpai gerbang bawah Observatorium Bosscha yang berada di kanan jalan. Untuk kendaraan Bus atau kendaraan besar lainnya akan diparkir di gerbang bawah, dan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki kira-kira 1km.

bamberg2Jika Travelers menggunakan kendaraan umum, maka ada dua opsi yang tersedia. Opsi pertama dari Bandara Husein Sastranegara naik ojek ke perempatan patung Husein (perempatan Pajajaran-Abdulrahman Saleh-Aruna) dan naik angkot L300 krem-hijau untuk jurusan Ciroyom-Lembang dan turun di Bosscha. Opsi kedua dari Stasiun Bandung, keluar ke pelataran utara ke Jalan Kebon Kawung dan naik angkot L300 warna krem-hitam jurusan Stasiun Hall-Lembang dan turun Bosscha. Jangan khawatir dengan perjalan yang tidak nyaman ketika menggunakan kendaraan umum, karena akses menuju Observatorium Bosscha mulus dan beraspal 🙂

Oh ya travelers, sampai saat ini di Observatorium Bosscha terdapat 5 teleskop besar loh, antara lain Teleskop Refraktor Ganda Zeiss yang digunakan untuk penelitian astronomi seperti pengamatan gerak diri bintang, lalu ada Teleskop Schmidt Bima Sakti yang digunakan untuk mempelajari struktur galaksi Bima Sakti. Selanjutnya ada Teleskop Refraktor Bamberg, Teleskop Cassegrain GOTO dan Teleskop Refraktor Unitron.

Nah Travelers, berminat untuk berkunjung ke Observatorium Bosscha? Untuk informasi yang lebih detail travelers bisa cek di situs Bosscha ya. Atau kalo traveler pengen jalan-jalan ke destinasi wisata Bandung yang lainnya, gak pake ribet langsung cek Tour Bandung di sini nih.

Referensi :

http://bosscha.itb.ac.id

http://transportinfo.web.id/2014/04/19/cara-ke-observatorium-bosscha/

https://id.wikipedia.org/wiki/Observatorium_Bosscha

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *