Wisata Pemandian Air Panas Ciater

ob-nov-25-pemandianciater-1Wisata pemandian air panas Ciater merupakan favorit orang Bandung untuk melepas penat dan lelah. Lokasi wisata yang terletak di Kabupaten Subang ini hanya berjarak 15 menit dari Lembang, maka banyak orang yang beranggapan bahwa Ciater itu Bandung. Pemandian air panas yang satu ini berada di bawah kaki Gunung Tangkuban Perahu sehingga udara di sana terasa sangat sejuk dan menyegarkan, pemandangan disekitarnya pun sangat khas daerah pegunungan. Seperti wisata pemandian air panas lainnya, wisata pemandian air panas Ciater juga disebut-sebut mampu mengobati banyak penyakit, terutama penyakit kulit dan gatal-gatal. 

Ciater-6Menurut cerita yang beredar di masyarakat sekitar, awal mula lokasi wisata air panas Ciater hanyalah berupa kawasan hutan yang banyak terdapat pohon Ater dan dikenal angker. Suatu ketika ada seseorang yang mencoba untuk menebang pohon ater, dan dari cabang pohon tersebut keluarlah air yang deras. Oleh warga sekitar air tersbut diyakini mampu menyembuhkan penyakit. Lalu pada tahun 1960-an seseorang yang dikenal memiliki keahlian sakti bernama Embah Ebos mencoba untuk membuka lahan perkampungan di kawasan hutan yang terkenal angker tersebut dan memberikan nama pada Desa tersebut dengan nama Ciater yang berarti ‘air yang memancar’.

PemandianAirPanasCiaterDi pemandian air panas Ciater ini kalian bisa memilih di lokasi mana kalian ingin berendam, karena ada beberapa pihak yang mengelola tempat pemandian air panas. Kalian bisa memilih untuk berendam di pemandian air panas alami yang berada di sungai yang mengalir dari hulu ke hili atau ke pemandian air panas yang berupa kolam umum. Di pemandian kolam umum tersedia fasilitas kamar pemandian yang disewakan untuk kalian yang menginginkan privasi dan ketenangan untuk menikmati air panas. Kalo admin sih lebih menyarankan untuk berendam di pemandian alami yang berada di sungai, karena air disini berasal langsung dari mata air Ciater dan perkiraan suhu airnya sekitar 43-46 derajat celcius. Berdasarkan penelitian, air panas Ciater mengandung kalsium, mineral, magnesium, sulfat, chloride, thermo serta hypertherma dengan kadar aluminium yang tinggi. Derajat keasamannya juga tinggi yaitu sekitar 2,45 yang membuat mata air ini menjadi sangat bermanfaat bagi kesehatan dan sudah teruji secara klinis.

harga tiket masuk pemandian air panas ciater bandungJika kalian lebih suka dengan privasi, maka kalian bisa menyewa kamar pemandian di kolam umum, namun air yang dialirkan ke kolam pemandian temperatur suhunya menurun, sekitar 37-42 derajat celcius. Lebih dingin dari pemandian alami yang berada di sungai, namun tidak mengurangi manfaatnya dalam menghilangkan pegal-pegal dan melancarkan peredaran darah sehingga badan terasa segar dan bugar. Pemandangan alam dari sekitar kolam pemandian umum pun sangat indah dan terasa hijau sekali, kalian bisa menikmati pemandangan air terjun yang berselimutkan kepulan uap air. Sangat pas untuk kalian yang ingin menjauh dari hiruk pikuk kehidupan kota dan merelaksasikan tubuh setelah lelah bekerja. Sumber mata air panas Ciater juga diyakini dapat menyembuhkan rematik, kelumpuhan yang diakibatkan oleh darah tinggi dan stroke juga gangguan syaraf dan tulang. Tentu saja kalian harus rutin berendam di sini agar terasa manfaatnya, untuk itu disediakan juga fasilitas tempat untuk melakukan terapi pengobatan dengan berendam air panas.

Air-Panas-CiaterSumber mata air panas yang berasal dari Gunung Tangkuban Perahu ini tidak hanya digunakan sebagai pemandian saja, melainkan juga digunakan warga sekitar untuk mengairi sawah mereka. Menurut para petani sekitar, aliran air dari Gunung Tangkuban Perahu memberikan dampak lebih pada mutu hasil panen dibandingkan dengan air biasa. Bagaimana, sudah siap menghabiskan weekend kalian dengan berendam di air panas Ciater? Di lokasi wisata kalian akan menemukan banyak fasilitas penginapan dan bungalow, jadi jangan khawatir tentang penginapan jika ingin menghabiskan malam di pemandian mata air panas ini. Bila kalian menginginkan suasana yang lebih tenang lagi, kalian bisa menginap di hotel-hotel yang ada di sekitar kawasan wisata Ciater seperti Twin Waterfall Resort Ciater dan Karang Setra yang berada tak jauh dari Ciater. Happy weekend ya 😉

 

 

Referensi :

https://wisatajawa.wordpress.com/wisata-jawa-barat/pemandian-air-panas-ciater/

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *